Banjir Bandang Garut

TANGGAP BENCANA BANJIR BANDANG GARUT

Banjir bandang Garut datang secara tiba-tiba menjelang tengah malam dengan debit air besar. Terjadi akibat hujan yang turun sejak Selasa 20 September 2016 dalam intensitas tinggi dan berdurasi panjang, ditambah tingginya tingkat kerentanan tanah. Kecamatan Tarogong Kidul merupakan wilayah terparah karena daerah aliran sungai Cimanuk. Luapan airnya langsung menghantam pemukiman sekitar. Ketinggiannya antara 1,5 – 4 meter sehingga melewati atap rumah penduduk.

Peduli Kita Ringankan Duka Nestapa Mereka

Sedikitnya 433 korban bencana banjir bandang Kabupaten Garut menghuni Markas Komando Resort Militer 062 Tarumanagara yang dijadikan pos pengungsian. Saat ini upaya pencarian dan penyelamatan korban masih terus dilakukan tim SAR gabungan dari Basarnas, BPBD Jawa Barat, TNI, Polri, Tagana, PMI, relawan dan masyarakat. Hingga Kamis 22 September 2016 pukul 10.00 WIB, jumlah korban meninggal dunia mencapai 26 orang dan 23 lainnya masih dalam pencarian.

Tim SAR FKAM telah berada di lokasi. Setelah diberangkatkan oleh Ketum DPP FKAM Ust. Rahmat Wahyudi dari Kantor DPP FKAM Purwonegaran, Surakarta. Keberadaan Tim SAR FKAM ini mensupport Tim SAR gabungan dari Basarnas, BPBD Jawa Barat, TNI, Polri, Tagana, PMI, relawan dan masyaraka lainnya. Tugas utama mereka adalah untuk pencarian dan penyelamatan korban serta membuka dapur umum untuk membantu kebutuhan logistik makanan para pengungsi dan menyalurkan bantuan dari masyarakat. Hasil assesment dari tim SAR FKAM ada beberapa hal yang sangat dibutuhkan oleh korban di lokasi pengungsian.

Bantuan yang sangat dibutuhkan berupa:

  1. Pakaian baru (ukuran apa saja, dewasa, anak, all size) terutama pakaian balita.
  2. Selimut, pembalut, pampers.
  3. handuk, peralatan mandi, alat kebersihan.

Kepedulian kita ringankan duka nestapa mereka. Kami siap menyalurkan bantuan berupa barang yang akan diberangkatkan bersama relawan selanjutnya.

Bantuan berupa donasi lebih diutamakan, karena bisa dibelanjakan sesuai dengan kebutuhan paling urgent sesuai kondisi lapangan. Salurkan donasi tanggap bencana Anda ke:

BANTUAN BENCANA BANJIR BANDANG GARUT

Bank Syariah Mandiri 7002074286 an Yayasan Baitul Mal FKAM.
Call Center 0271 726 248
Konfirmasi transfer sms/wa +62 857 2516 7000

Posted in Uncategorized.