Sekilas BaitulMal Fkam

Profil

BaitulMal Forum Komunikasi Aktivis Masjid

Sejarah Berdirinya BaitulMal FKAM

               Forum Komunikasi Aktivis Masjid (FKAM) didirikan di sebuah masjid kecil Al-Amin  Tegalrejo Sondakan Solo pada hari rabu 21 Rabi’ul Awwal 1419 H / 15 Juli 1998 M. Alhamdulillah, dalam pertumbuhannya FKAM bisa menjadi salah satu bagian dakwah dari umat Islam secara luas. FKAM menjadi mitra dakwah yang antara lain dengan melakukan pengiriman para da’i ke berbagai daerah di Indonesia.

Di samping kegiatan dakwah, FKAM juga melakukan kegiatan kemanusiaan. Antara lain FKAM telah mengirimkan bantuan kemanusiaan ke daerah-daerah yang tertimpa bencana alam. Misalnya gempa yang disertai gelombang tsunami di Aceh, gempa di DIY dan klaten, gelombang tsunami di Pangandaran serta Cilacap dan kebumen, gempa di Padang, tanah longsor di Karanganyar, dan Banjir di Solo Raya.

Pada perkembangan selanjutnya, FKAM merasa perlu untuk membentuk lembaga yang berfungsi menghimpun dana. Dari situlah kemudian FKAM mendirikan sebuah lembaga Ziswah (zakat, infaq, sedekah, wakaf, dan hibah) yang dinamai dengan BaitulMal FKAM.

 

Legalitas BaitulMal FKAM

              BaitulMal FKAM berdiri pada tanggal 13 Juni 2008 berdasarkan Akta Notaris 86 Dewi Cahyani Eddy Sud, SH. Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)  21.042.164.0-526.000.

 

        VISI & Misi BaitulMal FKAM

        VISI

Amanah, Profesional, Membangun Kualitas Umat.

          Misi

  1. Menjadi lembaga profesional dalam pengelolaan zakat, infaq, sedekah, wakaf, dan hibah.
  2. Membangun kesadaran umat untuk peduli sesama.
  3. Mengangkat anak yatim dan kaum dhuafa menuju kemandirian.
  4. Mengembangkan syiar dan dakwah.
  5. Berperan serta dalam penanganan musibah bencana alam.
Share