PROGRAM RECOVERY GEMPA LOMBOK NUSA TENGGARA BARAT

HUNTARA TERPADU MASYARAKAT

FKAM Resmikan Huntara Terpadu Masyarakat

Jumat pagi (9/11) masyarakat Dusun Sejuik, Rempek, Kec. Gangga, Kab. Lombok Utara menghadiri peresmian HTM (Huntara Terpadu Masyarakat). HTM ini dibangun oleh FKAM (Forum Komunikasi Aktivis Masjid).

Peresmian Huntara FKAM di Lombok

Sebanyak 50 unit huntara masing-masing berukuran 4 x 6 m. Berdiri di atas tanah seluas 9.000 meter persegi, Huntara juga dilengkapi fasilitas umum seperti musala, aula dan toilet umum.

Hadir mewakili Bupati Kab. Lombok Utara, Kabag Kesra Zainuddin. Dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan relawan FKAM. “Apalagi mereka juga mengirimkan dai untuk menemani kita di sini,” katanya di hadapan 200-an warga dan sejumlah tamu undangan.

Sebelumnya, Direktur BaitulMal FKAM, Muhammad Anshori dalam sambutannya mengatakan, HTM ini dibangun atas bantuan para donatur yang mengamanahkan hartanya kepada BaitulMal FKAM.

Menurut Anshori, peresmian HTM Sejuik ini menandai akhir program recovery di daerah tersebut. Selanjutnya, para relawan akan ditarik untuk ditempatkan di daerah lain yang memerlukan. “Selanjutnya, para dai FKAM yang tetap tinggal di sini untuk program bina mental.”

Penyerahan kunci simbolik dari FKAM

Dalam acara peresmian ini diserahkan kunci simbolik dari FKAM kepada perwakilan Pemerintah Kabupaten Lombok Utara. Selanjutnya, diserahkan kepada Kadus Sejuik, Sahardi.

Selanjutnya, dalam tausiyahnya, anggota Dewan Syariah Baitulmal FKAM Ust. Tengku Azhar menegaskan bahwa ujian yang dialami masyarakat Lombok adalah bentuk kasih sayang Allah. “Tidak, bukan karena Allah benci. Tapi justru karena Allah sayang, maka ia uji hamba-hamba-Nya di Lombok ini.”

Aparat Pemerintah dan Warga Hadiri Acara

Alhamdulillah semoga yang kita lakukan senantiasa di berkahi oleh Allah. Aamiin.

Yuk Berbagi, Klik >>DONASI<<#let’share


Pengerjaan Finising Huntara Komunal FKAM

Nampak para relawan dengan sigap mengerjakan huntara komunal agar segera ditempati warga (Selasa, 6/11). Sebanyak 52 huntara komunal dibangun FKAM di Rempek, Lombok dan dilengkapi masjid semi permanen, aula dan MCK terpisah antara laki-laki dan perempuan.

tanggap bencana gempa tsunami palu

Finishing Huntara Terpadu Masyarakat

Gapura Masuk Huntara Komunal

Nampak para relawan berjibaku menyelesaikan gapura agar segera dapat digunakan (6/11). Huntara komunal yang dibuat FKAM ini berlokasi di Desa Rempek Kota Lombok yang berjumlah 52 huntara yang akan dihuni 52 keluarga.

tanggap bencana gempa tsunami palu

Gapura Huntara Terpadu Masyarakat

Huntara tersebut dilengkapi dengan masjid semi permanen, aula dan MCK yang terpisah putra putri.


Trauma Healing Dai FKAM

Suasana trauma healing dai FKAM pasca gempa Lombok. Membangun kembali mental dan semangat untuk bangkit. Setelah tiga bulan pasca gempa, dai-dai FKAM masih tekun membersamai masyarakat korban gempa. Nampak suasana pendampingan di mushola dan masjid di desa Rempek, Kec Gangga, Kabupaten Lombok Utara.

tanggap bencana gempa tsunami palu

Pengajajian Umum di Masjid

Kisah Anak Sholih bersama dai FKAM Ustadz Ihsan di Musholla At taubah Dusun Soloh Atas Desa Rempek, Lombok Utara. Tidak kurang dari 50 anak korban gempa hadir dalam acara tersebut.

Ustadz Ihsan Dengan Kisah Anak Sholih

Pengajian Bakda Maghrib di Musholla Daarul Mujahidin, terletak di Dusun Sambik Pondokan Desa Rempek Kab. Lombok Utara. Kajian diisi oleh Ust. Hidayat, Da’i Muda FKAM. Alhmadulillah, kajian pada kali ini dihadiri oleh 35 jama’ah.

Ustadz Hidayat Mengisi Kajian Malam Hari

Kegiatan TPQ anak-anak korban gempa Lombok tepatnya di Musholla As Syifa Dusun Rempek Timur. Kegiatan ini berjalan rutin setiap sore bersama Ustadz Ihsan dai FKAM dengan jumlah peserta sekitar 15 anak. Mereka dengan antusias mengikuti kegiatan tersebut.

tanggap bencana gempa tsunami palu

Taman Pendidikan Qur’an Desa Rempek

Yuk Berbagi, Klik >>DONASI<<#let’share


Huntara Terpadu Masyarakat Siap Bangun

Nampak berjejer Hunian Sementara (huntara) dengan pelangi diatasnya, dengan warna keemasan. Indah dan menakjubkan.

tanggap bencana gempa tsunami palu

Kerangka Hunian Sementara Untuk Lombok

Gambar tersebut adalah 50 Huntara Komunal yang dibuat FKAM di antara sekitar 150 huntara sedang dan sudah dibangun FKAM. Bertempat di Dusun Montongpal, Desa Rempek, Kec. Gangga, KLU, huntara tersebut diperkirakan selesai awal bulan Nopember ini.

Relawan FKAM di Lombok dengan penuh semangat kerja bakti bersama warga untuk menyelesaikan Huntara.

Kerja Bakti Bangun Huntara Terpadu

Kerja Bakti Bangun Huntara Terpadu

Semoga menjadi ladang amal para donatur, muhsinin dan seluruh yang terlibat untuk pembagunan tersebut, baik langsung maupun tidak langsung. Mari kuatkan saudara kita di Lombok untuk bangkit dan merajut masa depan mereka.

Yuk Berbagi, Klik >>DONASI<<#let’share


Peletakan Batu Pertama Huntara Terpadu Untuk Lombok

Satu bulan lebih masyarakat Lombok kehilangan tempat tinggal karena rumah mereka rusak akibat gempa. Satu bulan lebih mereka tinggal bersama anak anak dan sanak saudara di tenda tenda darurat menggunakan terpal dan daun kelapa. Satu bulan lebih mereka harus merasakan teriknya matahari serta sesaknya debu jalanan.

Kini saat nya Lombok bangkit dari keterpurukan akibat musibah yang melanda, Lombok pasti bangkit dengan semangat kita bersama dan Lombok pasti akan lebih baik dengan uluran tangan sesama.

Tim Peletakan Batu Pertama Huntara

Forum Komunikasi Aktivis Masjid menunaikan amanah masyarakat luas guna meringankan beban saudara kita di Lombok Nusa Tenggara Barat dengan program Huntara Terpadu Masyarakat (HTM). Ini adalah salah satu bentuk kongkrit kepedulian kami kepada ssesama guna meringan kan beban saudara.

FKAM memberikan bantuan Hunian Sementara Komunal yang akan dibangun di Dusun Sejuik RT 04 Desa Rempek Kecamatan Gangga KLU sebanyak 51 unit dan beserta sarana tempat ibadah, madrasah, sanitasi serta tempat bermain anak. Alhamdulillah Sabtu, 21/09/2018 Hunian Sementara Terpadu (HTM) FKAM resmi dibangun. Dan secara simbolis Bupati Kabupaten Lombok Utara Najmul Akhyar, S.H. M.H meletakan batu pertama di area pembangunan HTM.

Bupati KLU Najmul Akhyar, S.H. M.H

Beliau juga mengapresiasi atas kinerja SAR FKAM dalam membantu penanggulangan bencana gempa Lombok yang sejak awal kejadian di Lombok Timur serta Lombok Utara ikut andil dalam penanganan ini. Bapak Bupati juga menyambut baik Program FKAM yang memberikan solusi khususnya warga Sejuik yang kehilangan tempat tinggal akibat gempa.

Tak lupa di sesi ramah tamah dengan warga Dusun Sejuik Najmul Akhyar selalu berpesan terhadap warga untuk tetap bersabar atas apa yang menimpa dirinya saat ini “Barangsiapa yang Allah inginkan kebaikan, Allah akan memberinya musibah.” Sambil memberikan semangat kepada warga.

Peletakan Batu oleh Ketua Umum FKAM

Tak lupa Ketua Umum Forum Komunikasi Aktivis Masjid, Bapak Rahmat Wahyudi juga hadir langsung dalam acara peletakan batu pertama program HTM secara resmi sebagai awal dibangunya Huntara Komunal di Dusun Sejuik. Beliau juga menyampaikan bahwa ini adalah amanah dari umat yang harus ditunaikan untuk saudara di Lombok.

Warga Lombok Menanti Hunian Sementara

Tim FKAM Disaster Recovery terus berjuang untuk bisa membangun program Huntara secepat mungkin, agar bisa dirasakan oleh warga sekitar. Semoga dengan adanya Hunian Sementara Terpadu ini akan menumbuhkan semangat dan kebangkitan masyarakat Lombok untuk bisa menata masa depan nya kembali.

Yuk Berbagi, Klik >>DONASI<<#let’share


PROGRAM RECOVERY PEDULI  LOMBOK

Masa tanggap bencana telah usai, kini memasuki masa rehabilitasi dan rekonstruksi atau recoveri. Pemerintah sedang berupaya mengembalikan Pulau Lombok seperti sedia kala. Mari kita sama-sama membantu mewujudkannya.

tanggap bencana gempa lombok

Bersihkan Puing Bangunan Sekolah

Tim membersihkan Sekolah MI-MTs Nurul Hidayah Di Dusun Nw Rempek, Desa Rempek Kecamatan Gangga Lombok Utara. Di sekolah ini terdapat sedikitnya 120 murid yang terdiri dari 6 lokal kelas. Tim melakukan pembersihan ruangan sekolah dan menyelamatkan data arsip maupun peralatan sekolah yang masih bisa digunakan.

MI-MTs Nurul Hidayah Di Dusun Nw Rempek

Mari wujudkan anak-anak Lombok agar bisa bersekolah kembali, karena ilmu adalah sarana untuk meraih kesuksesan kelak. Semangat adik-adik, semoga kelak kalian menjadi pribadi yang sukses dunia akhirat.

Yuk Berbagi, Klik >>DONASI<<#let’share


MASJID DARURAT UNTUK LOMBOK

Alhamdulillah Masjid Darurat kembali selesai dikerjakan oleh Tim di Dusun Sansambik RT 02 Desa Genggelang Kecamatan Gangga.

tanggap bencana gempa lombok

Simbolis Bantuan Bangun Masjid Darurat

Bapak Mahayudin selaku koordinator Posko Pengungsian setempat merasa sangat senang dan bangga atas dibangun nya masjid sementara ini, ia menuturkan bahwa masjid adalah sarana ibadah warga yang harus sesegera mungkin dibangun, mengingat selama bencana gempa ini sholat warga selalu di tenda tenda pengungsian yang sesak akan barang barang dan suara bising para pengungsi. Semoga dengan dibangun nya masjid darurat ini bisa menambah kekhusyukan warga dalam beribadah kepada Allah SWT.

tanggap bencana gempa lombok

Kerja Tim Bangun Masjid Darurat

Masjid Darurat ke 24 sudah jadi, dan langsung dipergunakan oleh para jama’ah untuk menunaikan Sholat Jum’at berjama’ah di Dusun Seloka Desa Rempek Kecamatan Gangga KLU.

tanggap bencana gempa lombok

Kondisi Masjid Darurat Saat Shalat Jum’at

Mari kita kembalikan Lombok sebagai Pulau 1000 Masjid.

Yuk Berbagi, Klik >>DONASI<<#let’share


HUNTARA UNTUK IBU NURMINI
.
Alhamdulillah Hunian Sementara Layak Huni telah diselesaikan dan diserahkan kepada Ibu Nurmini di Dusun Rempek Timur, Desa Rempek Kecamatan Gangga Lombok Utara. Bantuan ini atas kemurahan hati para donatur sekalian, sehingga mereka bisa layak untuk bertempat tinggal dan bisa melanjutkan apa yang menjadi harapan nya kedepan.
tanggap bencana gempa lombok

Simbolis Bantuan Huntara Kepada ibu Nurmini

Ibu Nurmini juga berterima kasih kepada FKAM IndonesiaBaitulmal FKAM atas bantuan yang diberikan kepadanya. Ia sangat senang sekali melihat hasil akhir Huntara yang dibuat oleh Tim SAR FKAM atas kerja keras mereka bisa memberikan yang terbaik untuk masyarakat Lombok.

tanggap bencana gempa lombok

Kegembiraan Tim Bangun Huntara

Semoga dengan adanya Hunian Sementara Layak Huni ini Ibu Nurmini dan keluarga bisa tinggal dengan nyaman.

Yuk Berbagi, Klik >>DONASI<< #let’share


Bantuan Al Qur’an untuk masjid darurat di Dusun Seloka Desa Rempek Kecamatan Gangga Lombok Utara. Bantuan diterima langsung oleh Kepala Dusun beserta jama’ah yang habis selesai menunaikan sholat Jum’at.
tanggap bencana gempa lombok

Distribusi Bantuan Mushaf Qur’an


Alhamdulillah Masjid Darurat kembali selesai dikerjakan oleh Tim SAR FKAM di Dusun Sansambik RT 02 Desa Genggelang Kecamatan Gangga.

Simbolis Bantuan Pembangunan Masjid Darurat

Bapak Mahayudin selaku koordinator Posko Pengungsian setempat merasa sangat senang dan bangga atas dibangun nya masjid sementara ini, ia menuturkan bahwa masjid adalah sarana ibadah warga yang harus sesegera mungkin dibangun, mengingat selama bencana gempa ini sholat warga selalu di tenda tenda pengungsian yang sesak akan barang barang dan suara bising para pengungsi.

Pengerjaan Masjid Darurat Oleh Tim SAR FKAM

Semoga dengan dibangun nya masjid darurat ini bisa menambah kekhusyukan warga dalam beribadah kepada Allah SWT. Mari kita kembalikan Lombok sebagai Pulau 1000 Masjid.

Posko SAR FKAM Tanggap Bencana Gempa Lombok di Dusun Montong Pal Desa Rempek selalu melayani masyarakat yang membutuhkan Logistik seperti sembako, selimut, tikar, terpal, pakaian serta kebutuhan yang lain, yang mana ini semua amanah masyarakat yang diberikan kepada kami.

tanggap bencana gempa lombok

Bantuan Terpal Untuk Warga Lombok

Setiap hari nya tak kurang dari 30 orang di sekitar Desa Rempek yang kita bantu terkait kebutuhan logistik sehari hari. Semoga dengan adanya posko Logistik dan Dapur Umum ini bisa membantu meringankan beban saudara saudara kita yang terkena musibah gempa bumi di Lombok.

tanggap bencana gempa lombok

Bantuan Sembako Warga Lombok


PROGRAM RECOVERY PEDULI LOMBOK
.
Alhamdulillah atas izin Allah, SAR FKAM Search and Rescue​ Peduli Gempa Lombok diberikan amanah untuk mengelola 4 Titik Posko yang berlokasi di:
1. Dusun Montong Pal, dan
2. Dusun Rempek Desa Rempek, Kec. Gangga, Lombok Utara
3. Desa Sembalun, Kec. Sembalun, Lombok Timur.
4. Jl. Sultan Salahuddin No.11 Bandega, Tj. Karang – Mataram.
 
Tenaga relawan meliputi: 18 Personil SAR, 4 Dokter Umum, 1 Dokter Ortopedi, 3 Perawat, 2 Apoteker, 1 Ahli Tulang dan Syaraf, 3 Tim Assesment, dan 4 Personil Dapur Umum.
 
Bantuan yang telah disalurkan berupa:
150 Paket makanan siap saji, 6 Paket tandon air, 8 Unit ganset, 2 Unit sanitasi, Pakaian layak pakai, 380 Paket terpal, 50 Paket karpet, 346 Paket selimut, Jaringan listrik dan Pelayanan keshatan dan obat-obatan.
 
Adapun PROGRAM RECOVERY:
1. HUNTARA (Hunian Sementara)
2. Masjid
3. Penampungan Air
 
Update Aksi Tanggap Bencana Gempa Lombok, klik: bit.ly/Tanggap_Gempa_Lombok
 
Bagi bapak ibu saudara yang membutuhkan informasi terkini dan penyaluran bantuan Gempa Lombok, dapat menghubungi langsung Komandan SAR FKAM di Lombok di 0823-1377-9729 (Fariz)
 
Atau dengan menyalurkan donasi Gempa Lombok di rekening Bank Syariah Mandiri No. 7002074286 a.n. Yayasan Baitulmal FKAM. Konfirmasi Bukti Transfer: 0857-2516-7000.
 
Mohon menambahkan nilai 800 pada digit terakhir nominal transfer anda, untuk memudahkan verifikasi peruntukan donasi.
 
PROGRAM RECOVERY SAR FKAM PEDULI GEMPA LOMBOK

Bismillahirrohmanirrohiim...

 

Verification

Posted in Dakwah Dan Pendidikan, Gallery Baitulmal, Layanan, Media, Pelayanan Kesehatan, Pembangunan Sarana Ibadah, Program, Santunan Anak Yatim, Santunan Fakir Miskin, Tanggap Bencana Alam, Uncategorized, Unik Pekan Ini Baitulmal and tagged , , , , .