santunan bencana

Tanah Longsor yang Masih Menyisakan Duka

Ponorogo (BM FKAM) Saat itu, Selasa 20 Juni 2017, cuaca di pagi hari di daerah Ponorogo dan sekitarnya sangat cerah. Di berbagai daerah tampak warga begitu gembira. Sebab, hari raya Idul Fitri 1438 H datang.

Namun, kebahagiaan tidak begitu dirasakan oleh warga Banaran Pulung. Tanah longsor yang terjadi beberapa waktu yang lalu, masih menyisakan duka yang mendalam.

Dan guna meringankan beban warga Banaran Pulung, BM FKAM Ponorogo kembali menyalurkan bantuan logistik. Bantuan diserahkan kepada Ketua RT dan sesepuh warga setempat. Semoga bermanfaat. Aamiin.

Silahkan Mengisikan Form Pendaftaran Donatur Baru

 

Verification

rehab masjid baitulmal fkam

Bantuan Rehab Untuk Mushola Nurul Hidayah

Ponorogo (BM FKAM) Ada informasi yang masuk ke kami dari salah seorang donatur outlet kotak infak BaitulMal FKAM, bahwa sedang ada rehab mushola di Desa Tamansari. Maka, pada Senin 12 Juni 2017, kru BM FKAM Ponorogo pun bersilaturahmi ke Desa Tamansari Sambit guna menyalurkan bantuan pembangunan Mushola Nurul Hidayah.

Bantuan diterima langsung oleh ketua panitia pembangunan Mushola Nurul Hidayah. Ucapan terima kasih dan doa pun disampaikan: “Semoga BaitulMal FKAM semakin besar dan para donaturnya selalu diberi kemudahan dalam segala urusan.” “Aamiin. Jazakumullah pak, atas doanya”, balas singkat petugas kami.

Silahkan Mengisikan Form Pendaftaran Donatur Baru

 

Verification

santunan fakir miskin baitulmal fkam

Keluarga Subandi, Tegar Dalam Keterbatasan

Ngawi (BM FKAM) Bapak Subandi adalah salah satu kepala keluarga miskin yang tinggal di Dusun Dema’an Dengok Padangan Bojonegoro. Di rumahnya yang sederhana, beliau tinggal bersama seorang istri dan lima orang anaknya. Namun, dua dari lima orang anak beliau terkena tumor ganas yang masing-masing menyerang di bahu dan di perut.

Sehingga, pada tanggal 9 Juni 2017 BaitulMal FKAM Ngawi bersilaturrahmi ke rumah Bapak Subandi. Dalam kesempatan ini, BaitulMal FKAM Ngawi pun menyalurkan bantuan kesehatan kepada keluarga beliau.

Di waktu yang sama, BaitulMal FKAM Ngawi juga menyalurkan bantuan untuk fakir miskin di Ngraho Bojonegoro. Bantuan diberikan kepada sebuah keluarga kecil yang terdiri dari suami, istri, dan satu anak.

Dalam keluarga tersebut, yang berstatuskan sebagai istri adalah Ibu Yati. Namun, beliau harus berjuang sendirian memenuhi kebutuhan hidup keluarganya. Sebab, suaminya sudah lama terkena stroke sehingga menjadikannya tidak bisa bekerja. Profesi Ibu Yati ini adalah pembantu rumah tangga.

Silahkan Mengisikan Form Pendaftaran Donatur Baru

 

Verification

dhuafa smart baitulmal fKAM

Usaha Binaan Susu Kedelai Ibu Aisyah

Kulon Progo (BM FKAM) Semua makhluk sudah ditentukan berapa besar rezekinya. Apakah rezekinya banyak atau sedikit, hanya Allah saja yang tahu. Kita sebagai hamba-Nya, hanya berkewajiban untuk mencarinya dengan jalan yang halal.

Adalah Ibu Aisyah, seorang perantau. Beliau ini menanggung kehidupannya beserta lima buah hatinya. Beliau bekerja dengan usaha susu kedelai, dan usaha tersebut merupakan sumber utama penghasilannya. Beliau setiap hari memproduksi lebih dari lima kilogram kedelai. Namun, hal tersebut beliau kerjakan dengan menggunakan cara yang masih manual.

Karenanya, tim BaitulMal FKAM Kulon Progo pun memberikan bantuan yang berupa mesin susu kedelai. Tujuannya untuk meningkatkan hasil produksinya.

Semoga bantuan ini bisa semakin meringankan beban Ibu Aisyah dalam mencukupi kebutuhan hidupnya. Aamiin.

akademi al qur'an fkam

Beasiswa Pendidikan Da’i dan Imam Masjid Akademi Al Qur’an FKAM

Beasiswa Pendidikan Dai dan Imam Masjid Akademi Al Qur’an FKAM adalah program beasiswa pendidikan dai dan imam masjid bagi lulusan SMA/MA/Ma’had/Sederajat yang berprestasi dengan pola asrama penuh selama dua tahun.

Visi: Mencetak Kader-Kader Da’i Dan Imam Masjid Yang Mampu Membumikan Al Qur’an

Misi:
1. Menyelenggarakan pendidikan al qur’an yang praktis. sistematis dan profesional.
2. Menyelenggarakan pendidikan al qur’an untuk menyiapkan kader-kader yang profesional dengan penguasaan tahsin, tahfidz, tarjamah dan tafsir.
3. Menyelenggarakan dakwah masyarakat secara profesional dalam rangka memasyarakatkan al qur’an
4. Mencetak kader terbaik dari kalangan Islam untuk menjadi pemimpin-pemimpin umat.

Parameter Keberhasilan

A. Akademik
1. Hafal 30 juz
2. Memiliki bacaan standar
3. Menguasai tarjamah Al Qur’an 30 juz
4. Menguasai metode mengajarkan tafsir Al Qur’an
5. Menguasai dasar-dasar keislaman dengan benar

B. Sosial Kemasyarakatan
1. Menjadi imam masjid
2. Aktif mengajarkan Al Qur’an
3. Aktif berdakwah di masyarakat
4. Memiliki kepekaan terhadap berbagai masalah sosial yang terjadi di masyarakat

C. Kepemimpinan
1. Menjadi tokoh di masyarakat
2. Terlibat aktif dalam menyelesaikan persoalan-persoalan yang ditimbul ditengah-tengah masyarakat

D. Karakter
1. Memiliki kepribadian yang islami
2. Bersikap lemah lembut
3. Memiliki mental yang tahan uji
4. Aktif shalat berjamaah
5. Mampu menjadi teladan di masyarakat

Donasi Program Beasiswa Akademi Al Qur’an FKAM
Bank Syariah Mandiri No.7083865878 a.n. Yayasan Baitulmal FKAM
Konfirmasi Bukti Transfer ke: 0857-2516-7000

Forum Komunikasi Aktivis Masjid

Silahkan Mengisikan Form Pendaftaran Donatur Baru

 

Verification

muslim medical fkam

Hikmah Pengobatan Di Matesih

Karangayar (MM FKAM) Suasana duka masih menyelimuti Pondok Pesantren BMQ Matesih. Lantaran baru saja mereka ditinggal salah satu santrinya menghadap Illahi. Konon meninggalnya karena penyakit yang belum pernah ada atau terjadi di Indonesia. Sehingga, peristiwa ini termasuk merupakan Kejadian Luar Biasa (KLB).

Kemudian, suasana agak terhibur dengan adanya pelayanan pengobatan gratis yang diadakan oleh Muslim Medical FKAM Karanganyar. Pada kesempatan tersebut, tim MM FKAM Karanganyar bersinergi dengan tim-tim kesehatan yang berkompeten dengan kejadian tersebut. Di antaranya: Tim dari Puskesmas Matesih, tim peneliti dari Yogyakarta, dan tim dari Kementrian Kesehatan dari Semarang.

Hikmah dari pengobatan kali ini adalah, masyarakat yang tadinya berpikir negatif terhadap Pondok dengan meninggal salah satu santrinya menjadi berkurang. Dan bahkan, mereka mengikuti kegiatan pengobatan gratis yang diselenggarakan MM FKAM Karanganyar. Sebanyak kurang lebih seratus pasien ikut serta pada acara tersebut.

Acara dihadiri oleh Bapak Kades, Kepala Puskesmas Matesih, Polsek Matesih, dan para tokoh masyarakat setempat. Mereka sangat senang dengan kegiatan MM FKAM Karanganyar ini, dan diharapkan bisa bekerja sama dalam menangani penyakit yang menimpa salah satu santri Pondok Pesantren BMQ.

Follow & Like Us:
Facebook Page: Baitulmal FKAM
Instagram: @baitulmal_fkam
Twitter: @baitulmalfkam

muslim medical fkam indramayu

Muslim Medical FKAM di Desa Pentil

Indramayu (MM FKAM) Ahad 16 juli 2017, tim Muslim Medical (MM) FKAM Indramayu kembali menghelat pengobatan gratis di Desa Pentil Kecamatan Bongas. Ini merupakan hasil kerjasama MM FKAM Indramayu dengan masyarakat sekitar. Alhamdulillah, animo masyarakat sangat tinggi terhadap acara tersebut, terbukti ada 160 orang yang datang untuk berobat.

Bagi masyarakat yang berminat untuk berpartisipasi dalam penyelenggaraan pelayanan pengobatan gratis ini, silahkan menghubungi kantor BaitulMal FKAM Cabang Indramayu di Jl. By Pass Kiajaran Wetan (samping Masjid Hidayatul Muttaqin) Lohbener Indramayu. Telp: 087727922822, 087728807770. Partisipasi bisa berupa dana, menjadi tenaga medis, ataupun yang lainnya.

Follow & Like Us:
Facebook Page: Baitulmal FKAM
Instagram: @baitulmal_fkam
Twitter: @baitulmalfkam

santunan fakir miskin baitulmal fkam

Dhuafa Penderita Tumor, Dhuafa Penderita Paru-Paru

Gunung Kidul (BM FKAM) Ada sekian banyak hamba Allah yang diberi ujian yang berupa sakit. Salah satu di antaranya adalah Ibu Kastilah. Beliau menderita sakit tumor. Ibu Kastilah tinggal di Susukan Ponjong. Karenanya, pada bulan Juni 2017 kru FKAM Gunung Kidul berkesempatan bersilaturahmi dan berbagi ke tempat beliau.

santunan fakir miskin baitulmal fkamPada kesempatan yang lain, kru BM FKAM Gunung Kidul juga memberikan santunan kepada Ibu Poniyem yang beralamat di  Jambe Ngijo Semin. Beliau merupakan janda tua dhuafa yang menderita penyakit paru-paru sehingga harus rutin berobat sepekan sekali.

 

Salurkan Donasi Kesehatan Anda Yang Terbaik
Klik DONASI PROGRAM atau KONFIRMASI DONASI

TABUNG INFAQ QURBAN

Tabung Infaq Qurban

Tabung Infaq Qurban adalah progam penyerahan donasi atau infaq untuk program berbagi hewan qurban dari para  shahibul qurban yang pengelolaan dan penyaluran hewan qurbannya diserahkan sepenuhnya kepada BaitulMal FKAM dalam rangka mempersiapkan ibadah qurban sejak dini yaitu dengan cara berdonasi setiap bulan sesuai pilihan jangka waktunya.

QURBAN & UDHIYAH

Tidak diragukan lagi, qurban adalah ibadah pada Allah dan pendekatan diri pada-Nya. Qurban ditunaikan dalam rangka ittiba’urrasul kepada Baginda Nabi Muhammad –shallallahu ‘alaihi wa sallam-. Tidak ragu lagi ibadah ini adalah bagian dari syari’at Islam. Hukumnya adalah sunnah muakkad (yang amat dianjurkan) menurut mayoritas ulama.

Secara istilah syar’i, Qurban adalah segala bentuk pendekatan diri pada Allah baik berupa penyembelihan atau selainnya. Istilah qurban lebih umum dari udhiyah, yang menurut istilah syar’i, udhiyah adalah sesuatu yang disembelih dalam rangka mendekatkan diri pada Allah Ta’ala pada hari nahr (Idul Adha) dengan syarat-syarat yang khusus. Jadi,  udhiyah dan qurban itu keduanya sama-sama bentuk ibadah atau pendekatan diri pada Allah.

TABUNG INFAQ QURBAN

Tata cara partisipasi Program Tabung Infaq Qurban

  1. Mengisi formulir Tabung Infaq Qurban, maka dengan sendirinya sudah tercatat sebagai shahibul qurban yang penyaluran hewan qurbannya diserahkan sepenuhnya kepada Lembaga Amil Zakat BaitulMal FKAM.
  2. Menyerahkan infaq atau donasi sesuai kesepakan yang tertera dalam dalam formulir Tabungan Infaq Qurban (Infaq ini sudah termasuk biaya operasional distribusi hewan qurban).
  3. Apabila hingga batas waktu akhir yakni 3 hari sebelum hari Raya Iedul Adha tabungan infaqnya belum mencukupi untuk pembelian hewan qurban karena suatu hal seperti meninggal atau musibah, maka:
  4. Dapat diteruskan oleh ahli waris shahibul qurban dengan menambah atau menutup kekurangan tabung infaqnya untuk membeli hewan  qurban, apabila ahli waris shahibul  qurban tersebut ingin  berqurban pada tahun pelaksanaan program dengan atas nama shahibul qurban sendiri atau ahli warisnya.
  5. Menunda qurban hingga tahun berikutnya.
  6. Diinfaqkan untuk program-program BaitulMal FKAM lainnya.

MUDAH :
Shahibul Qurban dapat memilih pembayaran infaqnya, transfer melalui bank atau petugas kami jemput infaq untuk qurban ini ke rumah maupun kantor.

MURAH
Harga hewan qurban lebih murah dari harga pasaran saat Iedul Adha karena sudah ditentukan sejak menyatakan ikut bergabung dalam program Tabung Infaq Qurban.

RINGAN
Lebih ringan karena sistem infaqnya diangsur setiap bulan tidak langsung bayar pada saat jelang Idul Adha.

FLEKSIBEL
Jika terjadi suatu hal seperti meninggal atau terkena  musibah, bencana alam atau lainnya maka dapat diteruskan ahli waris atau menunda tahun berikutnya

Donasi Tabung Infaq Qurban Bank CIMB Niaga Syariah No. Rekening 7609-8687-1800 a.n. Yayasan BaitulMal FKAM.
Konfirmasi bukti transfer ke : +62 857 2516 7000 (sms / wa)

Silahkan Mengisikan Form Pendaftaran Donatur Baru

 

Verification

21543780_602740920116210_9165969777087806067_o

Muslim Rohingya Butuh Kita

UPDATE TERKINI
Agenda bulan November 2017 Relawan FKAM Indonesia melakukan assesement di kamp pengungsi muslim Rohingya. Insyaallah donasi yang diamanahkan melalui BaitulMal FKAM, telah disalurkan dalam bentuk kebutuhan logistik mereka sebanyak 500 paket sembako.

Penyaluran 500 Paket Sembako

Penyaluran 500 Paket Sembako untuk Rohingya

Selain itu FKAM juga tengah mempersiapkan program jangka panjang, seperti pendirian masjid dan fasilitas pendidikan. Termasuk peningkatan pendidikan untuk para pengungsi dengan menyiapkan tenaga-tenaga pengajar
untuk proses kegiatan belajar mengajar.

Penyerahan Bantuan Pembangunan Masjid dan Rumah Tahfidz

Penyerahan Bantuan Pembangunan Masjid dan Pondok Tahfidz

MUSLIM ROHINGYA BUTUH KITA

Donasi Muslim Rohingya
CIMB Niaga Syariah No.7609 8687 1800
Bank Syariah Mandiri No.7002074286
Semua Rekening a.n. Yayasan BaitulMal FKAM

Konfirmasi Bukti Transfer ke : 0857-2516-7000
Hotline: 0851-0498-1234

NB. Transfer donasi mohon menambah angka 900 pada digit terakhir untuk memudahkan verifikasi

Konfirmasi setelah Anda transfer donasi.

 

Verification


Rohingya merupakan kelompok etnis muslim asli yang menetap di wilayah Arakan sejak abad XVI. Wilayah tersebut saat ini menjadi bagian dari Negara Bagian Rakhine, wilayah Myanmar Barat yang berbatasan langsung dengan Bangladesh. Istilah Rohingya sendiri berasal dari kata Rohai atau Roshangee yang berarti penduduk muslim Rohang atau Roshang (sebutan untuk daerah tersebut sebelum dinamai Arakan).

Sejak sebelum kemerdekaan Myanmar, etnis Rohingya telah berkali-kali berusaha disingkirkan dari wilayahnya. Pada tahun 2012, muncul gerakan Rohingya Elimination Group yang didalangi oleh kelompok ekstremis 969. Konflik yang pecah memakan 200 jiwa dan 140.000 warga Rohingya lainnya dipaksa tinggal di kamp-kamp konsentrasi yang tidak manusiawi. Menurut sebuah studi oleh International State Crime Initiative (ISCI) dari Queen Mary University of London, Rohingya sudah mulai memasuki tahap akhir genosida yaitu pemusnahan massal dan penghilangan dari sejarah. PBB juga menyebut Rohingya sebagai kelompok etnis paling teraniaya di dunia.
Saat ini Muslim Rohingya yang masih berada di Rakhine hidup terisolasi dalam ketakutan. Sejauh ini jumlah populasi etnis Rohingya di Provinsi Rakhine semakin menurun drastis hingga menjadi 40% dibanding tahun sebelumnya. Populasi Rohingya menurut UNHCR ialah 1,3 juta orang, dimana 926.000 adalah orang-orang yang tidak memiliki kewarnegaraan dan 375.000 lainnya menjadi pengungsi di negara mereka sendiri. Sejak tahun 2013 lalu, ribuan warga melarikan diri ke negara-negara Indonesia, Malaysia, dan Thailand melalui jalur laut. Pria, wanita, dan anak-anak terkatung-katung di dalam kapal tanpa kejelasan apakah daratan yang mereka tuju bersedia menerima mereka (act).

#Bantu Muslim Rohingya
#Stop Genosida Muslim di Dunia