Tanggap Bencana Alam

Program Tanggap Bencana Alam  ini bertujuan untuk memberikan pelayanan bagi masyarakat di daerah-daerah yang terkena bencana alam, dengan cara penggalangan dana dari masyarakat umum. untuk kemudian disalurkan ke masyarakat yang tertimpa bencana. Secara singkat, program tanggap bencana yang diselenggarakan oleh BaitulMal FKAM meliputi:

  1. Emergency respon, yaitu pengiriman tim medis dan tim SAR ke daerah bencana.
  2. Pembangunan Huntara, dengan memberikan hunian sementara yang terbuat dari papan, agar lebih nyaman daripada harus tinggal di tenda-tenda darurat.
  3. Bantuan logistik, merupakan bagian dari tanggap darurat bencana mengingat logistik sebagai kebutuhan dasar.
  4. Penangan psikososial, yang dilaksanakan dalam rentang waktu yang panjang dengan tujuan untuk merehabilitasi mental dan memberikan sentuhan ruhani bagi korban bencana.
  5. Pembangunan sarana umum, bertujuan untuk memudahkan masyarakat korban bencana alam dalam memenuhi kebutuhan sarana umum.
  6. Pengadaan kegiatan pendidikan dan  pelatihan relawan, dengan bekerjasama dengan tim SAR FKAM yang mendelegasikan anggotanya untuk mengikuti pelatihan-pelatihan penanganan bencana.

Baitulmal FKAM merupakan lembaga nirlaba yang resmi dan legal, serta telah mendapatkan pengukuhan dari Kementerian Agama Republik Indonesia melalui Surat Keputusan Nomor DJ.III/392 Tahun 2016 sebagai Lembaga Amil Zakat.

Kami mengajak segenap komponen masyarakat untuk bersama mewujudkan kesejahteraan dan penanganan korban dampak bencana, dengan penuh semangat kebersamaan berbagi dan peduli sesama.

Follow Us:
Instagram: @baitulmal_fkam
Facebook: @baitulmalfkam
Twitter: @baitulmalfkam

Berminat dengan Program Tanggap Bencana Alam:

Silahkan Mengisikan Form Pendaftaran Donatur Baru

 

Verification


Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *