TABUNG INFAQ QURBAN

Tabung Infaq Qurban

Tabung Infaq Qurban adalah progam penyerahan donasi atau infaq untuk program berbagi hewan qurban dari para  shahibul qurban yang pengelolaan dan penyaluran hewan qurbannya diserahkan sepenuhnya kepada BaitulMal FKAM dalam rangka mempersiapkan ibadah qurban sejak dini yaitu dengan cara berdonasi setiap bulan sesuai pilihan jangka waktunya.

QURBAN & UDHIYAH

Tidak diragukan lagi, qurban adalah ibadah pada Allah dan pendekatan diri pada-Nya. Qurban ditunaikan dalam rangka ittiba’urrasul kepada Baginda Nabi Muhammad –shallallahu ‘alaihi wa sallam-. Tidak ragu lagi ibadah ini adalah bagian dari syari’at Islam. Hukumnya adalah sunnah muakkad (yang amat dianjurkan) menurut mayoritas ulama.

Secara istilah syar’i, Qurban adalah segala bentuk pendekatan diri pada Allah baik berupa penyembelihan atau selainnya. Istilah qurban lebih umum dari udhiyah, yang menurut istilah syar’i, udhiyah adalah sesuatu yang disembelih dalam rangka mendekatkan diri pada Allah Ta’ala pada hari nahr (Idul Adha) dengan syarat-syarat yang khusus. Jadi,  udhiyah dan qurban itu keduanya sama-sama bentuk ibadah atau pendekatan diri pada Allah.

TABUNG INFAQ QURBAN

Tata cara partisipasi Program Tabung Infaq Qurban

  1. Mengisi formulir Tabung Infaq Qurban, maka dengan sendirinya sudah tercatat sebagai shahibul qurban yang penyaluran hewan qurbannya diserahkan sepenuhnya kepada Lembaga Amil Zakat BaitulMal FKAM.
  2. Menyerahkan infaq atau donasi sesuai kesepakan yang tertera dalam dalam formulir Tabungan Infaq Qurban (Infaq ini sudah termasuk biaya operasional distribusi hewan qurban).
  3. Apabila hingga batas waktu akhir yakni 3 hari sebelum hari Raya Iedul Adha tabungan infaqnya belum mencukupi untuk pembelian hewan qurban karena suatu hal seperti meninggal atau musibah, maka:
  4. Dapat diteruskan oleh ahli waris shahibul qurban dengan menambah atau menutup kekurangan tabung infaqnya untuk membeli hewan  qurban, apabila ahli waris shahibul  qurban tersebut ingin  berqurban pada tahun pelaksanaan program dengan atas nama shahibul qurban sendiri atau ahli warisnya.
  5. Menunda qurban hingga tahun berikutnya.
  6. Diinfaqkan untuk program-program BaitulMal FKAM lainnya.

MUDAH :
Shahibul Qurban dapat memilih pembayaran infaqnya, transfer melalui bank atau petugas kami jemput infaq untuk qurban ini ke rumah maupun kantor.

MURAH
Harga hewan qurban lebih murah dari harga pasaran saat Iedul Adha karena sudah ditentukan sejak menyatakan ikut bergabung dalam program Tabung Infaq Qurban.

RINGAN
Lebih ringan karena sistem infaqnya diangsur setiap bulan tidak langsung bayar pada saat jelang Idul Adha.

FLEKSIBEL
Jika terjadi suatu hal seperti meninggal atau terkena  musibah, bencana alam atau lainnya maka dapat diteruskan ahli waris atau menunda tahun berikutnya

Donasi Tabung Infaq Qurban Bank CIMB Niaga Syariah No. Rekening 7609-8687-1800 a.n. Yayasan BaitulMal FKAM.
Konfirmasi bukti transfer ke : +62 857 2516 7000 (sms / wa)

Silahkan Mengisikan Form Pendaftaran Donatur Baru

 

Verification

Posted in Dakwah Dan Pendidikan.