dakwah dan pendidikan FKAM

Gelar Belajar Baca Al-Qur’an Massal Di Kota Madiun

Madiun (FKAM) — Belajar membaca Al-Qur’an Forum Komunikasi Aktivis Masjid adalah program yang digulirkan FKAM untuk membantu kaum muslimin dan muslimah yang sudah dewasa namun belum bisa membaca Al Qur’an. Program ini sifatnya gratis. Adapun buku panduan yang dipakai adalah Tsaqifa. Read More

pelayanan kesehatan FKAM

Pengobatan Gratis Muslim Medical FKAM di Masjid Nururuhama Indramayu

Indramayu (MM FKAM) — Muslim Medical FKAM Indramayu bekerja sama dengan organisasi masyarakat yang ada di desa Lombang Juntinyuat Indramayu mengadakan kegiatan pelayanan kesehatan pengobatan gratis di Masjid Nururuhama (26/11/17).

pelayanan kesehatan FKAM

Tim Sukses Kegiatan Pengobatan Gratis

Sekitar 260 Pasien datang untuk memeriksakan kesehatannya. Acara rencananya dimulai pukul 09.00 hingga 14.30 WIB, namun dikarenakan banyaknya pasien, acara baru selesai pukul 16.15 WIB. Hadir pada acara tersebut para tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Program Muslim Medical FKAM

Konfirmasi setelah anda transfer donasi

 

Verification

pelayanan kesehatan FKAM

Layanan Kesehatan Gratis Muslim Medical FKAM Terjun Kembali Bersama Mitra

Yogyakarta (MM FKAM) — Alhamdulillah kami menyelenggarakan kegiatan layanan kesehatan gratis di Masjid Al-Furqon Demangan Jogjakarta (08/1017). Pada kesempatan yang berbahagia tersebut, kami dibersamai dr. Lia Ratnasari, M.Si. Acara dimulai pukul 08.00 WIB hingga menjelang Zhuhur. Tercatat ada 52 pasien yang memeriksakan atau mengkonsultasikan kesehatannya.

Sementara itu, Muslim Medical FKAM bekerja sama dengan PT Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Sleman. Kami menyelenggarakan pengobatan gratis di acara Sunday Morning Sembada. Pengobatan gratis diadakan di Lapangan Denggung Tridadi Sleman. Pada Ahad pagi yang cerah tersebut, kami dibersamai dr. Caesar Togana. Acara dimulai pukul 07.00 WIB hingga menjelang Zhuhur. Tercatat ada 60 orang yang ikut memeriksakan kesehatannya.

Muslim Medical FKAM

Konfirmasi setelah anda transfer donasi

 

Verification

pembangunan sarana ibadah

Bersih-Bersih Masjid Al-Hidayah Tarakan

Tarakan (FKAM) — Meski gerimis dan udaranya dingin, hal itu tidak menyurutkan Tim BBM (Bersih-Bersih Masjid) FKAM Tarakan untuk menuju masjid Al-Hidayah di Jl. Aki Babu Karanganyar Kota Tarakan Kalimantan Utara (19/11/2017). Tujuannya, mengadakan kegiatan membersihkan masjid.

Di masjid Al Hidayah ini, ada pengajian rutin setiap malam Jumat yang diisi oleh Dai FKAM. Selainnya, juga ada kegiatan TPQ (Taman Pendidikan Qur’an) yang diasuh Bapak Suparman. Setiap malam, Bapak Suparman mengajar sekitar 30 anak. Pada kesempatan ini pula, BaitulMal FKAM Tarakan memberikan 15 buku Iqra dan Al-Qur’an untuk menunjang kegiatan belajar TPQ.

santunan kesehatan

Dana Operasi untuk Adek Mazaya

Sukoharjo (BM FKAM) — Mazaya Qurotaa’yun (7 th) nama lengkapnya. Dia adalah putri dari Bapak Bagus. Alamat tinggalnya di Bulak Plumbon Kabupaten Sukoharjo Jawa Tengah. Ayah adek Mazaya keseharian adalah penjual ikan bandeng. Ketika waktu shalat tiba, Ayah adek Mazaya ini juga membantu jamaah yang akan shalat di masjid Al Ikhlas dengan menyeberangkannya. Sebab, lalu lintang kendaraan di depan masjid sangat ramai.

Suatu hari saat adek Mazaya berangkat ke sekolah bersama kakeknya dengan sepeda motor, qodarullah di tengah perjalanan mengalami kecelakaan. Kemudian dia dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan pengobatan.

Dari hasil pemeriksan akibat kecelakaan tersebut, adek Mazaya mengalami patah di enam bagian tangan dan kakinya. Kemudian ditangani dengan operasi dan membutuhkan biaya yang cukup besar.

Alhamdulillah, BaitulMal FKAM Sukoharjo bisa bersilaturahmi ke rumah adek Mazaya dan memberikan santunan untuk membantu meringankan biaya pengobatan. Bagi para muhsinin yang ingin membantu meringankan biaya operasi dan pengobatannya bisa menghubungi kantor BaitulMal FKAM Sukoharjo di 081225909995.

Program Muslim Medical FKAM

Konfirmasi setelah anda transfer donasi

 

Verification

pembangunan sarana ibadah

Jam Digital untuk Masjid Al-Jami’ Plupuh

Sragen (BM FKAM) — BaitulMal Forum Komunikasi Aktivis Masjid cabang Sragen menyerahkan bantuan berupa jam digital waktu adzan untuk masjid Al-Jami’ Plupuh Kota Sragen (16/12/2017).

Bantuan tersebut kami maksudkan agar kegiatan shalat berjamaah lima waktu dapat tertib waktunya. Jazakumullah khairol jaza’ kami haturkan kepada donatur yang telah ikut andil dalam membangun kualitas umat. Bagi yang ingin berdonasi untuk amal jariyah kemakmuran masjid silahkan menghubungi 085229020886 (Sungkono).

Program Pembangunan Sarana Ibadah

Konfirmasi setelah anda transfer donasi

 

Verification

pengobatan gratis

Pengobatan Gratis untuk Korban Banjir Bantul

Sleman (MM FKAM) — Bencana alam kembali melanda, yaitu hujan lebat yang mengakibatkan banjir di beberapa wilayah termasuk di Yogyakarta. Setelah sebelumnya FKAM DIY menurunkan Tim SAR-nya, berikutnya Tim Muslim Medical FKAM Sleman juga menerjunkan tim medisnya untuk menyelenggarakan pengobatan gratis. Yang diadakan di masjid Adz-Dzakirin Ngrancah Sriharjo Imogiri (03/12/2017).

Alhamdulillah, layanan kesehatan berjalan dengan baik dan masyarakat sangat senang dengan adanya layanan kesehatan ini. Jazakumullah bi khoir kepada para dermawan semua yang telah ikut andil dalam program-program BaitulMal FKAM.

Muslim Medical FKAM

Konfirmasi setelah anda transfer donasi

 

Verification

Santunan Fakir Miskin

Mbah Wiji Hanya Hidup Bersama 2 Yatim

Ponorogo (BM FKAM) — Kru BaitulMal FKAM Ponorogo bersilaturahmi ke rumah mbah Wiji yang hidup bersama 2 anak yatim di desa Sampung Kabupaten Ponorogo (03/12/2017).

Mbah Wiji tinggal bersama 2 cucunya yang sudah yatim. Cucunya yang besar kelas 2 SMP, sedang yang kecil kelas 2 SD. Untuk menyambung kehidupan kedua anak ini harus berpisah dengan Ibunya yang bekerja di luar kota. Sementara  untuk kebutuhan sehari-hari, mbah Wiji bejualan di pasar dengan penghasilan belum memadai.

Kami menyampaikan paket sembako, uang tali asih, serta santunan paket sekolah untuk cucu beliau. Semoga apa yang kami berikan bisa meringankan beban mbah Wiji, menjadi amal saleh bagi para donatur BaiulMal FKAM Ponorogo, dan Allah membalas dengan sebaik-baik balasan. Aamiin.

Program Sosial Kemanusiaan

Konfirmasi setelah anda transfer donasi

 

Verification

santunan fakir miskin

Janda Dhuafa Hidup Tepi Hutan Kota Ngawi

Ngawi (FKAM) — Ibu Purwanti bersama anaknya yang berstatus yatim tinggal di pinggiran hutan di atas tanah Dinas Kehutanan setempat. Rumahnya jauh dari kata layak. Dan jika Dinas Kehutanan tidak memperpanjang ijinnya, Ibu Purwanti yang berprofesi sebagai buruh cuci merasa tidak sanggup untuk pindah.

FKAM Ngawi berkesempatan menyampaikan amanah dari donatur untuk program santunan dhuafa (23/11/2017). Santunan diberikan kepada keluarga Ibu Purwanti yang beralamat di Walikukun Wetan Widodaren.

Selain menyalurkan santunan, FKAM Ngawi juga membantu menguruskan surat-surat kewarganegaraan Indonesia yang hal itu belum dimiliki oleh keluarga Ibu Purwanti. Dan FKAM Ngawi juga mengajak anak Ibu Purwanti untuk menjadi binaan FKAM Ngawi pada program Yatim SMART.

Program Sosial Kemanusiaan

Konfirmasi setelah anda transfer donasi

 

Verification

tanggap bencana SAR FKAM

TANGGAP BENCANA BANJIR BREBES

Pasca Banjir Brebes, Tim Tanggap Bencana SAR FKAM Gelar Pengobatan Gratis Bersama Muslim Medical FKAM

muslim medical FKAM

Pengobatan Gratis Muslim Medical FKAM

Muslim Medical DPD FKAM Brebes dan SAR DPD FKAM Brebes mengadakan pelayanan pengotan gratis dan menyalurkan logistik berupa makanan dan minuman untuk para korban banjir Brebes wilayah Desa Lengkong Rt 02/6 kec.Wanasari Brebes

Baitulmal FKAM membuka kesempatan wujudkan kepedulian bersama menyalurkan bantuan kebutuhan sandang pangan kepada korban banjir Brebes melalui Bank Syariah Mandiri No.7002074286 a.n.Yayasan Baitulmal FKAM. Konfirmasi Bukti Transfer Ke: 0851-0498-1234 atau klik Konfirmasi Transfer.
NB. Mohon menambahkan digit 800 pada akhir nominal transfer untuk mudahkan verifikasi program ini.


Penyaluran Logistik Korban Bencana Banjir Brebes

tanggap bencana SAR FKAM

Tim SAR FKAM Salurkan Bantuan Logistik

Pagi ini Tim Tanggap Bencana SAR FKAM Search and Rescue​ menyalurkan logistik berupa makanan dan minuman untuk para korban banjir Brebes wilayah Perum Griya Praja & Kota Baru serta sekitarnya (13/2/2018).  Akibat luapan sungai Pemali yang tenggelamkan ribuan rumah di 3 kecamatan Kabupaten Brebes.

Kebutuhan yang harus di penuhi korban bencana banjir brebes saat ini
1. Makanan Siap Saji
2. Air mineral
3. Pampers
4. Kebutuhan anak anak
5. Obat-obatan

Posko Banjir & Dapur Umum Brebes
SAR DPD FKAM Brebes
Jl. KH. Akhmad Dahlan No. 81 RT. 02/06 Pasarbatang Brebes Depan Musholla Darussalam. CP : 085742794703/ 085786561518

Baitulmal FKAM membuka kesempatan wujudkan kepedulian bersama menyalurkan bantuan kebutuhan sandang pangan kepada korban banjir Brebes melalui Bank Syariah Mandiri No.7002074286 a.n.Yayasan Baitulmal FKAM. Konfirmasi Bukti Transfer Ke: 0851-0498-1234 atau klik Konfirmasi Transfer.
NB. Mohon menambahkan digit 800 pada akhir nominal transfer untuk mudahkan verifikasi program ini.

FKAM Indonesia​
Baitulmal FKAM​
SAR FKAM Search and Rescue


Luapan Sungai Pemali Brebes, Ribuan Rumah Warga Terendam Banjir

Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Brebes berakibat meluapnya sungai Pemali, ribuan rumah warga di tiga kecamatan Kabupaten Brebes Jawa Tengah terendam banjir pada Senin (12/02). Diantaranya meliputi Kecamatan Brebes, Wanasari dan Songgom.

tanggap bencana SAR FKAM

Banjir mencapai pinggang orang dewasa

Banjir kali ini bervariasi antara 30 cm sampai 1,5 meter, terpantau daerah yang paling parah menggenangi Desa Pemaron. Tercatat ini kali ke dua banjir menerjang Kabupaten Brebes setelah Februari 2017 yang lalu.

tanggap bencana SAR FKAM

SAR FKAM koordinasi bersama Bupati Brebes

Tim SAR FKAM (Forum Komunikasi Aktivis Masjid) DPD Brebes melakukan koordinasi dengan BPBD Brebes, untuk giat yang akan dilakukan, kemudian menurunkan personilnya melakukan evakuasi dan membagikan logistik kepada para warga yang terdampak banjir.

Bantuan yang di butuhkan saat ini adalah logistik, untuk menyuplai kebutuhan pangan warga yang terisolir, dan juga Perahu karet untuk mengevakuasi warga. Hingga berita diturunkan saat ini tercatat 3 korban meninggal dunia, diantaranya adalah anak-anak.

Program Tanggap Bencana

Silahkan Mengisikan Formulir Donatur Program

 

Verification

tanggap bencana SAR FKAM

Luapan Sungai Pemali Brebes, Ribuan Rumah Warga Terendam Banjir

 Brebes (SAR FKAM) — Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Brebes berakibat meluapnya sungai Pemali, ribuan rumah warga di tiga kecamatan Kabupaten Brebes Jawa Tengah terendam banjir pada Senin (12/02). Diantaranya meliputi Kecamatan Brebes, Wanasari dan Songgom.
tanggap bencana SAR FKAM

Banjir mencapai pinggang orang dewasa

Banjir kali ini bervariasi antara 30 cm sampai 1,5 meter, terpantau daerah yang paling parah menggenangi Desa Pemaron. Tercatat ini kali ke dua banjir menerjang Kabupaten Brebes setelah Februari 2017 yang lalu.

tanggap bencana SAR FKAM

Penyerahan bantuan oleh tim SAR FKAM

Tim SAR FKAM (Forum Komunikasi Aktivis Masjid) DPD Brebes melakukan koordinasi dengan BPBD Brebes, untuk giat yang akan dilakukan, kemudian menurunkan personilnya melakukan evakuasi dan membagikan logistik kepada para warga yang terdampak banjir.

tanggap bencana SAR FKAM

Tim SAR FKAM koordinasi bersama Bupati Brebes

Bantuan yang di butuhkan saat ini adalah logistik, untuk menyuplai kebutuhan pangan warga yang terisolir, dan juga Perahu karet untuk mengevakuasi warga. Hingga berita diturunkan saat ini tercatat 3 korban meninggal dunia, diantaranya adalah anak-anak.

Program Tanggap Bencana

Konfirmasi setelah anda transfer donasi

 

Verification

tanggap bencana

Gelar Kegiatan Sosial Pasca Banjir di Mangkang

Semarang (SAR FKAM) — Tim SAR FKAM Semarang dengan dibantu SAR FKAM Pusat pun turun untuk memberikan bantuan dengan diadakan kegiatan sosial. Pasalnya, Kota Semarang diguyur hujan yang sangat deras selama beberapa hari. Banjir pun ada dimana-mana, salah satunya di Kecamatan Mangkang tepatnya di daerah Jl. Kauman Mangkang Wetan karena tanggul jebol. Tim SAR FKAM Semarang dengan dibantu SAR FKAM Pusat pun turun untuk memberikan bantuan (20/11/2017).

tanggap bencana

Tanggap Bencana Pasca Banjir Mangkang

Selain membersihkan lumpur dan mengembalikan tanggul yang jebol, juga membagikan nasi bungkus untuk warga korban banjir. Nasi bungkus tersebut merupakan sedekah dari Bapak Mieko, owner Warteg Bu Tia, yang beliau ini juga rutin bersinergi dengan FKAM dalam program bagi nasi untuk jamaah shalat Jumat.

tanggap bencana

Pengobatan Gratis Pasca Banjir

Selang beberapa hari kemudian, kami mengadakan kegiatan program pelayanan kesehatan gratis dan membuat acara kisah untuk anak korban banjir mangkang. Antusias warga yang mendatangi pelayanan kesehatan ini sangat luar biasa. Sebab, banyak yang mengalami gatal-gatal hingga luka yang cukup berat. Pelayanan kesehatan ini dibantu oleh Komunitas Peduli Masyarakat Semarang dan dr. Fikri dari Hilal Ahmar Semarang. Alhamdulilah, acara berjalan cukup lancar, walaupun di akhir acara hujan turun cukup deras hingga waspada tanggul jebol lagi.

Jazakumullah khoiron katsiro kepada para relawan dan para donatur atas partisipasinya. Semoga Allah memberikan pahala yang berlimpah kepada kita semua. Aamiin.

Program Tanggap Bencana

Konfirmasi setelah anda transfer donasi

 

Verification

Mitra Kami