Air Bersih Untuk Warga Undaan

Kudus (SAR FKAM) –  Desa Terangmas dan Desa Kutuk adalah dua desa yang berjajar di Kecamatan Undaan Kabupaten Kudus Jawa Tengah. Setiap musim kemarau tiba, daerah tersebut selalu kekurangan pasokan air bersih. Secara geografis dua desa tersebut memiliki dua sungai yang mengalir. Namun, air sungai sering keruh hitam dan bercampur dengan limbah rumah tangga yang tentu tak dapat digunakan untuk konsumsi dan hanya digunakan sebagai pengairan sawah.

Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari akan air bersih, warga rela harus membeli air seharga Rp 3.000,- untuk setiap satu jerigen kecil berukuran 25 liter. Hal tersebut dirasa cukup berat. Sebab, banyak warga dhuafa yang bekerja sebagai pekerja sawah yang mengandalkan musiman. Dengan adanya kemarau yang panjang, mereka tidak bisa menggarap lahannya secara maksimal sehingga sebagian besar dhuafa mengganggur. Keadaan mengganggur seperti inilah yang menjadikan masyarakat keberatan kalau membeli air bersih.

SAR FKAM Kudus yang sifatnya responsif pun mengadakan kegiatan pendistribusian air bersih di dua desa tersebut, yaitu Desa Terangmas dan Desa Kutuk (RT 07 RW 03 – Gang 254) dan (RT 06 RW 03 – Gang 243) Kecamatan Undaan Kabupaten Kudus. Kegiatan diadakan pada hari Rabu 02 Oktober 2019.

Dengan menggunakan penampungan air berupa ember dan jerigen, tim membantu memenuhi wadah warga untuk diisi air bersih. Selain itu, toren pribadi maupun toren yang sudah disediakan oleh BPBD tak luput dari dropping air oleh tim untuk dipenuhi dengan air bersih.

Perwakilan warga Desa Kutuk (Pak Didik) dan perwakilan warga Terangmas (Pak Mustain) mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas bantuan SAR FKAM Kudus yang sudah bersusah payah mendistribusikan sampai lokasi hingga tengah malam. Semoga bantuan ini bisa bermanfaat.

Klik DONASI Untuk Berbagi