Tim SAR FKAM Bersama Relawan Bagikan Makanan Kepada Warga Terdampak Banjir Donorojo

Banjir Bandang Terjang Donorojo Jepara

Desa Sumberrejo, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah kembali diterjang banjir bandang. Kali ini, sebanyak 200 rumah warga terendam air dengan ketinggian 3 meter.

Salah satu warga Sumberrejo, Karsono mengatakan, hujan lebat turun sejak Selasa (23/2) sore. Lantaran debit sungai meningkat, air meluap ke permukiman warga sekitar pukul 19.30 WIB. Hanya saja, banjir itu tak berlangsung lama, sekitar pukul 23.00 WIB tadi malam air sudah surut. Warga bahkan sudah melakukan pembersihan lumpur yang dibawa banjir.

“Tadi malam ketinggiannya sekitar 50 sentimeter sampai 150 sentimeter,” ujar Karsono, Rabu (24/2).

Namun nahasnya, banjir bandang kembali menerjang permukiman Rabu (24/2) pagi tadi sekitar pukul 05.00 WIB. Bahkan kiriman air kedua ini debitnya lebih besar. Ketinggiannya pun bahkan mencapai 3 meter.

Camat Donorojo, Eko Udiyono menjelaskan, banjir tersebut diakibatkan meluapnya sungai dari beberapa wilayah. Seperti Mojo (Kabupaten Pati), Blingoh, Kelet, dan beberapa wilayah di atas Desa Sumber Rejo meluap.

“Jadi, sungai Pasokan ini sudah tidak kuat menahan debit air. Kami sudah melihat langsung ke lokasi banjir. Sebagian besar sudah mulai surut pada pagi ini. Mudah-mudahan tidak ada lagi banjir bandang susulan,” ungkapnya.

SAR FKAM bersama BPBD dan Instansi terkait membagikan ratusan paket makanan kepada warga korban banjir di Desa Sumberejo dan Clering, Kecamatan Donorojo, Jepara (24/2/2021).

Tim membawa ratusan paket makanan menuju rumah-rumah warga untuk dibagikan kepada para korban banjir. Di lokasi terpantau air sudah mulai surut, kondisi genangan sekitar 10-20 centimeter. Warga juga terlihat sedang melakukan pembersihan pasca banjir secara mandiri.

Saat ini warga masyarakat membutuhkan bantuan makanan, air mineral, air bersih dan peralatan kebersihan.