Zoom Meeting Program Paket Cinta Palestina

Surakarta – Baitul Mal FKAM menggelar Zoom Meeting dengan salah satu NGO yang berkiprah di Palestina yaitu Nusantara Palestina Center (NPC) dalam rangka menjalin kerjasama dalam misi kemanusiaan di Palestina dan koordinasi perencanaan program PAKET CINTA PALESTINA pada 27 Ramadhan 1442 H yang akan datang.

Di tahun-tahun sebelumnya Baitul Mal FKAM telah menjalin kerjasama kemanusiaan di Palestina bersama NPC dalam program Paket Ifhor Palestina dan Paket Cinta Palestina dalam bentuk sembako untuk keluarga di pengungsian dan kado untuk anak-anak yatim.

Dalam kesempatan ini turut hadir Ustadz Umaier Khaz, Lc., M.H beserta jajaran direksi Baitul Mal FKAM, Agung Budiman Wakil Direktur, Fahmi Arif Kadiv. Program, Taufik Kadiv. Fundraising dan Kadiv Marcom. Kemudian jajaran direksi NPC Ustadz Ihsan Zainuddin Direktur NPC, Ustadz Masri Udin Kadiv. Program dan tak lupa Bang Onim selaku relawan kemanusiaan di Gaza, Palestina.

Ustadz Umaier Khaz, dalam sambutannya menyampaikan pesan “Bahwa Islam tidak akan bisa di jalankan sendirian, perlu adanya sinergitas-sinergitas yang dibangun, dan menyadarkan umat tentang problematika yang saat ini terjadi di Palestina” dan beliau berharap sinergitas yang di jalin oleh Baitul Mal FKAM dan NPC bisa terus dijaga.

Kemudian Ustadz Ihsan Zainuddin selaku direktur NPC menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh relawan FKAM dan beliau juga berharap kedepannya bisa bersinergi dalam program-program yang lebih memberdayakan, karena saat ini NPC telah melaksanakan program-program pemberdayaan yang bisa di kolaborasikan dengan lembaga lain.

Bang Onim selaku nara sumber beliau sangat senang tahun ini Baitul Mal FKAM bisa kembali menjalin sinergitas dengan NPC melalui program Paket Cinta Palestina yang di wujudkan dalam bentuk Paket Ifhor dan Sembako yang akan dilaksanakan pada 27 Ramadhan mendatang.

Bang Onim bercerita kondisi Palestina saat ini dibeberapa daerah masih memanas, serangan Zionis Israil masih terus dilancarkan, salah satunya di daerah Sheikh Jarrah beliau menyampaikan baru semalam ada serangan disana dan belum diketahui informasi korbannya.

Saat ini NPC telah melaksanakan program-program pemberdayaan untuk masyarakat Palestina dan mengajak lembaga-lembaga sosial di Indonesia untuk bersinergi dengan program NPC di Palestina. Saat ini di Gaza, Pelsetina terdapat 24.000 anak yatim yang terdata dan NPC baru memberdayakan 800 an anak yatim dalam bentuk beasiswa pendidikan.

Tidak hanya itu, NPC saat ini juga telah membuka rumah-rumah Qur’an melalui program kafilah hifdzil qur’an. Disisi lain NPC juga membangun sumber air minum untuk masyarakat umum karena di Palestina kandungan air yang layak diminum hanya 3% dan itulah yang menyembah penyakit di derita masyarakat Palestina, seperti kanker kulit, paru-paru dan penyakit kronis lainnya yang disebabkan oleh kandungan air minum.

Terakhir, Bang Onim berpesan bahwa isu di Palestina ini bukan hanya isu agama, isu di Palestina ini adalah isu kemanusiaan yang tidak hanya menimpa kaum Muslimin, Indonesia adalah negara mayoritas Muslim dan harus memiliki peran aktif dalam membantu saudara-saudara yang berada di bumi Palestina. Bangsa Palestina sangat merindukan kelak mereka bisa berdiri, sholat bersama kaum Muslimin Indonesia dalam satu shaf di depan Masjidil Aqsho. (HM)

Surakarta – Bertempat di Joglo FKAM, Dewan Pimpinan Pusat Forum Komunikasi Aktivis Masjid (DPP FKAM) melalui Departemen HR dan Keorganisasian menyelenggarakan Kajian Pengurus pada hari Sabtu, 1 Mei 2021 bertepatan 19 Ramadhan 1442. Joglo FKAM dipilih sebagai tempat acara bertujuan untuk menjaga ingatan sejarah perjuangan FKAM.

Mengambil tema “Nasihat Untuk Pejuang Dakwah dan Kemanusiaan”, acara dihadiri oleh karyawan dan pengurus DPP dan DPD FKAM Surakarta. Selain sebagai sarana bersilaturahmi, acara ini bertujuan untuk menjaga semangat aktivis FKAM dalam mengemban amanah dakwah dan kemanusiaan.

Acara diawali dengan tilawah Al-Qur’an oleh masing-masing peserta. Selanjutnya, Ustadz Umaier Khaz, Lc., M.H. selaku Ketua Umum DPP FKAM memberikan pengantar dengan memotivasi para hadirin untuk menata kembali niat dan memperbaiki karakter diri dalam bekerja dan beraktivitas di FKAM.

Sebagai inti acara, disampaikan untaian-untaian nasihat dari Dewan Syuro FKAM yang dipandu oleh Ustadz Dr. Abdullah Khoir, M.Ag. selaku sekretaris.

Nasihat dari Dewan Syuro diawali oleh Ustadz Rahmat Wahyudi, yang juga sebagai Ketua Umum DPP FKAM periode 2010 – 2020. Beliau berpesan kepada seluruh aktivis FKAM untuk menggiatkan tilawah Al-Qur’an di Bulan Ramadhan. Seminimal mungkin bisa mengkhatamkan Al-Qur’an sebanyak 2 atau 3 kali. Beliau juga berpesan untuk senantiasa berdoa kepada Allah. Tilawah dan doa ini akan mampu menguatkan mental seorang aktivis dan akan mendatangkan keberkahan hidup serta pertolongan dari Allah.

Selanjutnya, Ustadz Muhammad Anshory menyampaikan nasihat untuk membagun keluarga yang berkarakter aktivis. Hal ini penting supaya anggota keluarga siap mengemban amanah-amanah dakwah. Maka ke depan perlu dihadirkan acara kajian yang serupa dengan melibatkan anggota keluarga.

Nasihat terakhir disampaikan oleh Ustadz Muhammad Sri Kalono, S.H., M.Si. sebagai pendiri sekaligus Ketua Dewan Syuro FKAM. Beliau berpesan untuk terus menjaga semangat FKAM. Semangat dakwah dan kemanusiaan. Jangan sombong dan berbangga diri dengan pencapaian saat ini. Terus berproses menjadi baik dan menebar kemanfaatan di sekitar kita.

Turut hadir dalam acara ini, Ustadz Dr. Muhammad Isa Anshory, M.P.I. sebagai anggota Dewan Pengawas Syariah LAZ Baitul Mal FKAM. Acara ditutup dengan buka bersama. Tak lupa kepada hadirin dipesan untuk senantiasa muhasabah diri dan memperbanyak istighfar di bulan Ramadhan yang mulia ini.

Pendampingan Audit Syariah Kemenag

Surakarta – Dalam rangka mendukung pelaksanaan kegiatan dan pendampingan audit syariah Organisasi Pengelola Zakat Tahun 2021, LAZ Baitul Mal Forum Komunikasi Aktivis Masjid (Baitul Mal FKAM) menerima visitasi dari Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) pada hari Kamis, 22 April 2021. Bertempat di Grha Wakaf FKAM Surakarta, hadir perwakilan dari Kemenag, yaitu: Bapak Mukti selaku JFT Analisis Kebijakan, Bapak Muh. Wildan selaku Pelaksana Monitoring dan Evaluasi, dan Ibu Suhartinah serta Ibu Rifa’atul Hamidah sebagai tim audit syari’ah.

Rombongan dari Kemenang disambut dengan baik oleh jajaran pembina dan direksi LAZ Baitul Mal FKAM. Di awal pertemuan, Bapak Muhammad Sri Kalono, S.H., M.Si. sebagai pendiri FKAM bercerita tentang sejarah awal mula berdirinya FKAM dan Baitul Mal FKAM. Beliau juga menyampaikan harapan agar Kemenag bisa membimbing dan mengarahkan LAZ Baitul Mal FKAM menjadi Lembaga Amil Zakat yang teraudit sesuai syari’ah agar terus maju dan berkembang.

Kemudian, Bapak Sunar Wulan selaku Direktur LAZ Baitul Mal FKAM juga memohon agar Kemenag selalu membimbing dan mengarahkan LAZ Baitul Mal FKAM menjadi LAZ yang nantinya sesuai dengan prinsip-prinsip good governance, transparan, akuntabel, dan terpercaya. Selain itu beliau juga berharap agar LAZ Baitul Mal FKAM dibimbing untuk dapat memenuhi prinsip-prinsip syariat Islam (shariah compliance). Pendampingan audit syariah diharapkan dapat mencegah terjadinya penyimpangan dan pelanggaran yang dilakukan oleh amil atau lembaga dalam mengelola dana Zakat, Infak, Sedekah, dan Dana Sosial Keagaman Lainnya (DSKL).

Sesuai dengan arahan dari Kemenag, kegiatan visitasi di  LAZ Baitul Mal FKAM mengikuti protokol kesehatan, yaitu pelaksanaannya tidak lebih dari satu jam. Dalam kesempatan yang singkat ini, Kepala Divisi Program, Bapak Fahmi Arif kepada perwakilan Kemenang menunjukkan hasil program Yatim Smart yang dibina oleh LAZ Baitul Mal FKAM. Adik-adik yatim yang terbina dalam program Yatim Smart berhasil memproduksi kue cookies dan telah beberapa kali mendapatkan pesanan dari masyarakat selama bulan Ramadan tahun ini.

Di akhir pertemuan, perwakilan Kemenag menyampaian harapan kepada LAZ Baitul Mal FKAM untuk dapat beradaptasi dengan perkembangan zaman melalui pengembangan teknologi dengan tujuan dapat memberikan banyak edukasi serta kemudahan berzakat bagi masyarakat. (Hm)

Buka Puasa Ramadhan Hari Pertama di Kabupaten Sikka, NTT

Setiba di Bandara Fransiskus Seda Kota Maumere, tim menyempatkan singgah ke BPBD Kabupaten Sikka, guna pengenalan dan kordinasi penanganan bencana.

Tim bertemu dengan Bp Drs Muhammad Daeng Bakri selaku Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Sikka, disana tim mendapat informasi bahwa banjir bandang merupakan ancaman bagi daerah tersebut, pada bulan Januari 2021, terjadi banjir menghanyutkan jembatan penghubung Trans Maumere – Larantuka, dan menewaskan 1 orang.

Bulan Februari banjir di Sungai Bhera juga mengikis pondasi rumah-rumah warga yang berada di bantaran sungai.

Bp Daeng Bakri menyambut hangat kedatangan SAR FKAM dalam penanganan banjir bandang di NTT.

Selain itu tim juga berkunjung ke Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Maumere. Kedatangan tim disambut oleh Bid Humas Pos, Ibu Siti.

Menjelang maghrib tim mendapat undangan berbuka puasa dari Bp Daeng dan rekan BPBD untuk berbuka bersama.

Selain itu tim disediakan hunian transit semalam sebelum melanjutkan perjalanan menuju Adonara, Kabupaten Flores Timur keesokan harinya.

••••

Sahabat, mari bantu meringankan beban saudara di Nusa Tenggara Timur yang terdampak Banjir Bandang dan Longsor, Kembalikan keceriaan mereka dengan kepedulianmu

Rekening Tanggap Bencana dan Kemanusiaan
– Bank Syariah Indonesia 7002074286
– Mandiri 138-0015906378
– BRI 0334-01-001535-30-4
– BCA 015-4017-000
– BNI 7497-85113

Gerakan Cinta Zakat

Alhamdulillah LAZ Baitul Mal FKAM dapat hadir Peluncuran “GERAKAN CINTA ZAKAT” via Zoom bersama BAZNAS.

Selain dihadiri oleh Presiden RI H. Ir. Joko Widodo dan Wapres KH. Ma’ruf Amin, Ketua BAZNAS Prof. Dr. Noor Ahmad, M.A. juga dihadiri jajaran Menteri dan Gubernur via Zoom.

Selain meluncurkan program Gerakan Cinta Zakat, Presiden dan Wapres dalam kesempatan tersebut juga menunaikan zakat via BAZNAS kemudian diikuti para Menteri yang hadir dalam acara tersebut.

Paket Sahur & Berbuka untuk Korban Gempa Malang dan Banjir Bandang NTT

Bencana alam yang menimpa saudara kita di Malang dan NTT membuat hati kita pilu, rentetan bencana yang silih berganti menimpa Negeri kita Indonesia tercinta. Tidak sedikit yang menjadi korban dalam bencana alam kali ini, gempa yang memakan korban jiwa dan merusak ratusan rumah serta fasilitas umum.

Kemudian Banjir bandang NTT, berdasarkan data BNPB melaporkan, hingga Sabtu (10/4/2021) ada 174 korban jiwa akibat bencana banjir bandang di Nusa Tenggara Timur (NTT) dan sebanyak 48 orang masih hilang. Sedangkan saat ini SAR FKAM telah mengirim personil untuk melaksanakan evakuasi dan penanganan kebencanaan bersama relawan di lokasi bencana alam gempa di Malang dan banjir bandang di NTT.

Memasuki awal bulan Suci Ramadhan Allah menguji KeImanan Kita, akankah kita peduli dengan saudara kita atau hanya menganggap kejadian biasa Negeri ini. Mari kita intropeksi diri dan menjadikan pelajaran setiap musibah yang melanda Negeri kita tercinta. Indonesia butuh kita, Indonesia butuh uluran tangan kita.

°°°

Rekening Donasi Kemanusiaan a.n Yayasan Baitul Mal FKAM :
Bank Mandiri 1380015906360

📱Informasi & Konfirmasi :
http://wa.me/6285725167000

Pembekalan Da’i Jawara

Jum’at 9 April 2021, kami mengikuti kegiatan “PEMBEKALAN JAWARA 1442 H” yang di adakan oleh FKAM bertempat di Pusat Pendidikan Da’i & Imam Masjid Akademi Al Qur’an FKAM Kranggan, Polanharjo, Klaten, Jawa tengah.

Jelajah Dakwah Ramadhan (JAWARA) FKAM di tahun 2021 atau 1442 H di awali dengan sambutan oleh Direktur Akademi Al Qur’an ustadz Vathoni, kemudian motivasi dan nasehat oleh Dewan Syuro yaitu ustadz Rahmat Wahyudi dan ustadz M. Anshory.

Para Da’i juga dibekali ilmu tentang Wakaf dan ZIS oleh ustadz Sunar Wulan selaku Direktur Baitul Mal FKAM serta tim Gerakan Wakaf Qur’an.

Siang hari ada penyampaian proyeksi ke depan Jawara oleh ketua DPP Umum FKAM ustadz Umaier Khaz dan juga pelatihan pembuatan narasi dari Departemen Media serta manajemen dakwah oleh Departemen Dakwah.

Semoga dengan adanya pembekalan ini benar-benar menjadi bekal yang bagus untuk para Da’i Jawara di tempat tugas dan tempat Dakwah lainya. Aamiin.

°°°

Yukkk dukung dengan bantu share dan donasi untuk JAWARA FKAM agar semakin banyak umat yang mendapatkan ilmu Agama Islam yang baik dan benar melalui Rekening Dakwah & Pendidikan:

Bank Mandiri 138-0015906360
BRI 0334-01-001534-30-8
BCA 015-4017-000
BNI 7497-85113
CIMB NIAGA Syariah 7609-8687-1800
Semua Rekening a/n Yayasan Baitulmal FKAM
Konfirmasi Bukti Transfer:
wa.me/6281225114200

Media FKAM Indonesia
Follow kami juga di:
IG instagram.com/fkamindonesia
FB FKAM IndonesiaTelegram t.me/fkamindonesia

Malam Pertama Ramadhan di Lokasi Gempa Malang

Sejumlah 6 personil tim SAR FKAM Magetan berangkat menuju Kota Malang guna tanggap bencana gempa yang terjadi pada hari Sabtu, 10 April 2021 sekitar pukul 14.15 WIB.

Berdasarkan data yang dihimpun oleh BPBD Jatim, Gempa berkekuatan M6. 7 ini mengakibatkan kerusakan di 16 Kota/Kabupaten  di Jawa Timur. Diantaranya ialah Kab Malang, Kab Blitar, Kab Lumajang,  Kab Tulungagung, Kab Jember, Kab Pasuruan, Kab Trenggalek, Kab Gresik, Kota Blitar, Kota Malang, Kota Kediri, Kota Batu, Kab Probolinggo, Kab Ponorogo, Kab Pacitan dan Kab Nganjuk.

5 orang di Kab Lumajang dan 3 orang di Kab Malang dinyatakan meninggal, serta ribuan rumah dan bangunan lain terdampak dengan bermacam kerusakan dari yang ringan hingga roboh tak tersisa.

SAR FKAM Magetan berkoordinasi dengan Pemkab Kota Malang guna kolaborasi penanganan tanggap yang akan dilaksanakan esok hari.

Gerakan Bersihkan Masjid dalam Rangka Menyambut Ramadhan

Sleman – Dalam rangka semangat menyambut ramadhan 1442 H, Relawan FKAM Sleman mengadakan Gerakan Bersihkan Masjid yang diadakan di Masjid Tawakkal, Nglarang, Tlogoadi, Mlati Kab Sleman.

“Sebelumnya kami berencana untuk kerjabakti bersihkan masjid secara mandiri, kemudian kami dapat info dari media sosial bahwa FKAM memiliki tim Relawan Taruna Masjid, akhirnya kami kontak dan bersinergi mengadakan kegiatan di masjid kami” ucap Bapak Zarqoni selaku perwakilan Takmir Masjid.

Berangkatlah 6 taruna ikut dalam kegiatan Gerakan Bersihkan Masjid Tawakkal, Mlati Sleman.

Tak lupa ucapan terimakasih dari ketua takmir masjid kepada tim GBM FKAM Sleman yang telah meluangkan waktunya untuk ikut serta membantu membersihkan masjid.

Pencarian Korban Tenggelam di Dam Mrican

Akhirnya Korban Hanyut Pencari Ikan Ditemukan di Dam Bendo, Imogiri Bantul.

Bantul – Pencarian korban pemancing ikan yang hanyut di Sungai Gajah Wong, tepatnya di Dam Mrican, Giwangan, sejak adanya laporan pada hari Minggu (4/4) telah memasuki hari ke empat.

Rabu pagi ini, sekira pukul 06.00 WIB warga sekitaran Dam Bendo Wukirsari, Imogiri, Bantul yang beraktifitas pagi di area Dam ikut mengamati sungai, barangkali melihat korban yang masih dalam pencarian.

Pada pukul  06.15 WIB, warga melihat obyek di bawah Dam Bendo seperti mayat. Kemudian di datangi dari jarak dekat untuk memastikan, teryata memang benar itu mayat, lantas warga  menghubungi Relawan yang standby agar berita diteruskan ke Posko pencarian yang berada di Bendung Tegal.

Posko mendapat laporan penemuan jenazah pada pukul 06.30 WIB lantas segera merespon dengan mengirim tim untuk evakuasi.

SAR FKAM ikut merespon info penemuan jenazah bersama BASARNAS dan Relawan Gabungan guna evakuasi korban dari sungai dan dibawa ketepian tanggul, kemudian Tim Inafis datang untuk mengidentifikasi janazah yang ditemukan, hasil identifikasi menyatakan jenazah itu benar yang sedang dalam pencarian.

Korban selanjutnya serahkan ke pihak keluarga untuk proses selanjutnya.

BASARNAS serta Relawan Gabungan kembali ke posko untuk melaksanakan apel penutupan posko. Dengan di ketemukannya korban laka air atas nama Ngadimin maka secara resmi OPSAR ditutup oleh Bapak Adi Prasetyo selaku komandan Tim Basarnas Yogyakarta.

Relawan yang terlibat dalam OPSAR di kembalikan ke satuan masing masing.

Pengangguran di Indonesia Hampir Menyentuh Angka 10 Juta Jiwa

Beberapa ekonom memprediksi ekonomi Indonesia pada tahun 2021 bakal mengalami krisis. Ada beberapa faktor yang memengaruhinya, seperti besarnya akumulasi defisit Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), rapuhnya ketahanan fiskal, hingga daya beli masyarakat yang rendah.

Namun Menteri Keuangan Sri Mulyani tetap optimis seiring dimulainya program vaksinasi massal dan upaya mencegah meluasnya perebakan Covid-19. Presiden Joko Widodo mengatakan, saat ini jumlah pengangguran di Indonesia hampir mencapai 10 juta orang.

Hal ini disampaikannya dalam sambutan acara Peresmian Pembukaan Rapat Kerja Nasional Kementerian Perdagangan Tahun 2021 di Istana Negara, Kamis (4/3/2021). Karena itu, kini saatnya kita mengambil peran untuk membantu memenuhi kebutuhan hidup masyarakat yang berada di bawah garis kemiskinan dan mengentaskan dari garis kemiskinan itu sendiri.

°°°

📷 Dok. Penyaluran paket sembako untuk yatim, dhuafa dan jama’ah kurang mampu di Masjid Al Ikhwan, Gedongkiwo, Yogyakarta.

Bantu Indonesia bangkit dan mari menebar kebaikan bersama Baitul Mal FKAM melalui rekening donasi Infak/sedekah

BCA 015-4017000

BRI 33401001534308

MANDIRI 1380015906360

BSM 7002063284

BNI 749785113

Muamalat 5210081705

CIMB NIAGA Syariah  760986871800

Informasi dan Konfirmasi :

http://wa.me/6285725167000

Tim SAR FKAM Membantu Pengungsi Korban Ledakan Kilang Minyak Pertamina Indramayu

“Kami hanya bantu-bantu di dapur” Relawan SAR FKAM mendampingi pengungsi korban ledakan kilang minyak PT. Pertamina Indramayu. Dari catatan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat, jumlah pengungsi akibat ledakan PT Pertamina Kab Indramayu sementara tercatat 932 orang.

Para pengungsi tersebut sebelumnya  berada di tiga titik pengungsian, yaitu di Pendopo Kabupaten Indramayu, GOR Bumi Patra dan Masjid Islamic Center. Akan tetapi untuk memudahkan distibusi bantuan logistik dan penanganan serta pemantauan kondisi pengungsi, maka hari ini (30/03) dipusatkan di satu lokasi, yaitu di GOR Bumi Patra.

Bersama dengan Dinsos, Tagana, dan Sar Gabungan, Tim SAR FKAM menyiapkan 1500 porsi makanan siap saji di Dapur Umum Penanganan Kebakaran Pertamina. Hingga sore ini, petugas Dapur Umum masih terus menyiapkan kebutuhan konsumsi guna pemenuhan kebutuhan bagi 932 pengungsi yang ada di GOR Bumi Patra.

°°°

Rekening Donasi kemanusiaan a.n Yayasan Baitul Mal FKAM :

BSM No. 7002063411

BRI No. 0334-01-001535-30-4

BCA No. 015-4017-000

Informasi dan Konfirmasi :

http://wa.me/6285725167000

Semangat dan Kesabaran Dai Juang FKAM

Taklim bergilir malam jum’at pon, meskipun hujan deras dan listrik padam, tapi tidak memadamkan semangat mereka untuk tolabul ilmi dan menjalin ukhwah, dengan penerangan alakadarnya taklim tetap berjalan, bertepatan di rumah bapak Supriyanto salah satu jamaah Masjid At taubah sayam, Menoreh, KP

memang taklim di desain bergilir dari mbah kaum, guna untuk melatih bersedekah dan menjalin ukhwah untuk para jamaah, “ben seng cedak soko masjid ngrasakke, pye to rasane mlaku, nak omahe adoh soko masjid” (biar yg dekat dgn masjid ikut merasakan susah payahnya berjalan menuju masjid ketika rumahnya jauh dari masjid)  kata Mbah Kaum, Alhamdulillah taklim ini sudah berjalan lebih dari 5 th, tapi jamaah tetap istiqomah.

.

Yukk kita bantu share dan donasi untuk Dai Juang FKAM agar semakin banyak umat1 yang mendapatkan ilmu dienul Islam yang baik dan benar.

Rekening Dakwah

.

Bank Syariah Mandiri 7083865878

Bank Mandiri 138-0015906360

BRI 0334-01-001534-30-8

BCA 015-4017-000

BNI 7497-85113

CIMB NIAGA Syariah 7609-8687-1800

Semua Rekening a/n Yayasan Baitulmal FKAM

Konfirmasi Bukti Transfer :

wa.me/6281225114200

Media FKAM Indonesia

Follow kami di:

IG instagram.com/fkamindonesia

FB FKAM Indonesia

Telegram t.me/fkamindonesia

Program Ketahanan Pangan untuk Jama’ah Masjid

Pandemi Covid 19 yang masih belum hilang di negeri ini, mengakibatkan beban masyarakat bertambah berat dalam memenuhi kebutuhannya terkhusus tentang pangan.

Untuk itu FKAM Ngawi dengan Satgas Lawan Covid 19 -nya berusaha meringankan beban masyarakat dengan membagi sembako gratis pada warga yang membutuhkannya.

Bersama aparat Desa Jatimulyo Kec. Mantingan dan Takmir Masjid Muqorrobin, FKAM Ngawi membagikan 50 paket sembako. Kegiatan ini dilaksanakan di halaman Masjid Al Muqorrobim dengan dihadiri langsung Bpk. Wiyono selaku Kepala Desa Jatimulyo Mantingan, dengan menerapkan protokol kesehatan Covid 19 (3 M).

Semoga dapat memberikan manfaat dan menjadi jariyah bagi donatur.

Ahad, 28 Februari 2021

Visitasi Kemenag Provinsi Jawa Tengah di Lembaga Amil Zakat

SURAKARTA – Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah melakukan agenda visitasi ke beberapa Lembaga Amil Zakat (LAZ) pada kamis, 26 Februari 2021. Kegiatan visitasi ini dilaksanakan dalam rangka memastikan bahwa setiap LAZ yang ada telah telah melaksanakan tugas dan fungsi sebagaimana regulasi yang telah diatur. LAZ Baitul Mal FKAM menjadi salah satu yang mendapatkan kehormatan mendapat visitasi dari Kemenag.

Dalam visitasi kali ini langsung dihadiri oleh Bapak H. Sobirin, S.Pd.I selaku kepala seksi pemberdayaan zakat dan wakaf bidang penerangan Agama Islam, Zakat, dan Wakaf Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah bersama Bapak Attan selaku seksi pemberdayaan wakaf Kemenag Provinsi Jawa Tengah.

LAZ Baitul Mal FKAM sangat senang menerima kunjungan dari Kementerian Agama karena merupakan salah satu bentuk perhatian pemerintah dalam rangka memberdayakan LAZ sebagaimana mestinya. Visitasi kemenag kali ini bukan untuk audit, tetapi ingin mendata LAZ dan cabangnya dalam melakukan kegiatan pengumpulan dana dan pendistribusian Zakat, Infak, Sedekah serta pengelolaan wakaf sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia.

Berdasarkan pasal 17 UU RI No. 23 Tahun 2011 tentang pengelolaan Zakat, dijelaskan bahwa untuk membantu Baznas dalam pengumpulan, pendistribusian dan pendayagunaan zakat masyarakat dapat membentuk Lembaga Amil Zakat (LAZ). Kemudian pada pasal 18 dijelaskan bahwa pembentukan Lembaga Amil Zakat wajib mendapat izin menteri atau pejabat yang ditunjuk menteri.

Harapannya LAZ Baitul Mal FKAM sebagai Lembaga yang sedang bertumbuh dan berkembang harus mau dan bisa mengikuti regulasi serta mentaati undang-undang perZakatan yang berlaku di Indonesia, agar nantinya bisa menjadi Lembaga percontohan yang baik.