Gema Syiar Ramadhan 1439 H

Gema Syiar Ramadhan
Sucikan Jiwa Peduli Sesama Mengapai Taqwa

Program Ramadhan BaitulMal FKAM

Sebelas bulan mengerjakan kebajikan dibandingkan dengan sebulan Ramadhan mengerjakan kebajikan nilainya jauh lebih banyak. Tentu saja ini tak mungkin menyia – nyiakan momentum bualn Ramadhan ini. Ini adalah momen untuk fastabiqul khairat berlomba dalam kebajikan. Bukankah kita mengetahui bahwa Allah menyediakan begitu banyak keutamaan pada bulan ini?  Apakah kita akan termasuk golongan yang berdiam saja dan menyesal di akhirat kelak? Atau kita golongan akan ikut berburu kebajikan agar menjadi orang yang bertaqwa ? Bukankah golongan orang-orang yang bertakwalah adalah mulia di sisi Allah ?

Bagi BaitulMal FKAM yang secara legal formal telah mendapatkan pengukuhan sebagai lembaga amil zakat resmi tentu saja harus memanfaatkan momentum Ramadhan ini. Yakni memfasilitasi para muzaki, aghniya’ maapun para muhsisin dalam menyalurkan Zakat, Infaq dan Sedekahnya melalui BaitulMal FKAM. Selain itu juga di dorong adanya tingkat kesadaran dan antusias masyarakat muslim untuk membayar zakat, infaq dan sedekah di bulan Ramadhan begitu tinggi.

BaitulMal FKAM berkomitmen untuk melakukan pengelolaan dan pendayagunan  zakat, infaq dan sedekah secara amanah dan profesional.  Berperan aktif untuk mengatasi berbagai persoalan masyarakat melalui berbagai program yang digulirkan.

  1. Praktek Dakwah Masyarakat (PDM)

Praktek Dakwah Masyarakat adalah program dakwah masyarakat yang dilaksanakan Forum Komunikasi Aktivis Masjid (FKAM) melalui pengiriman dan penugasan mahasiswa Akademi Al Qur’an FKAM di berbagai wilayah di Indonesia.  Tujuan Program PDM ini dalam rangka menambah wawasan keilmuan para Mahasiswa AAQ FKAM dan mereka memiliki pengalaman dakwah secara langsung di tengah-tengah masyarakat, serta sebagai ajang praktikum mereka untuk mengimplementasikan bidang-bidang ilmu yang telah dipelajari selama perkuliahan formal berlangsung.

Jumlah Da’i yang dikirim dan ditugaskan sejumlah 75  personel dengan sebaran wilayah program PDM ini meliputi : Daerah Istimewa Yogyakarta (Bantul, Gunung Kidul, Kulon Progo, Sleman,  Yogyakarta, Lereng Gunung Merapi, dan Bukit Menoreh), Jawa Barat (Cirebon, Indramayu), Jawa Tengah (Semarang, Jepara, Boyolali, Kendal, Karanganyar, Sukoharjo, Klaten, Sragen), Jawa Timur (Magetan, Madiun, Ngawi), Bali, Kalimantan Utara (Tarakan), Sulawesi (Menado), Papua (Timika, Manokwari), dan Sumatera (Padang)

Adapun rata-rata pendanaan yang dibutuhkan setiap Da’i adalah Rp. 5.000.000; (lima juta rupiah) yang meliputi untuk kebutuhan : seragam, workshop & training pembekalan dai, bekal dai berupa buku-buku dan lainnya, transport pulang-pergi, dan lain-lain.

Sehingga dana yang dibutuhkan sebesar Rp 375.000.000,- (tiga ratus tujuh puluh lima juta rupiah)

  1. Mahkota Cinta Anak Yatim

Adalah program bantuan atau santunan bagi anak-anat yatim dalam bentuk Paket Bingkisan Idul Fitri dan Paket Perlengkapan Sekolah. Tujuan program adalah untuk membantu anak anak yatim mendapatkan keceriaan dan kebahagiaan saat Idul Fitri serta menumbuhkan semangat bersekolah dan mendorong anak-anak yatim menjadi pribadi shalih shalihat, mandiri, cerdas, terampil dan berprestasi.

Adapun isi Paket Bingkisan Idul Fithri berupa Baju, Celana/Sarung, Sandal seta parcel. Dengan nilai ayau nominal paket ini Rp 500.000,- (termasuk biaya operasional)

Sedangkan Paket perlengkapan sekolah meliputi Tas, Buku Tulis, Buku Gambar, Pensil, Ballpoint, Penggaris, rautan, spidol, dan penghapus. Nilai paket ini Rp 250,000,- (termasuk biaya operasional)

Target program ini menyasar 1000 anak yatim sehingga dana yang dibutuhkan Rp 750,000,000,-

  1. Persembahan Cinta Indonesia Untuk Rohingya (Rohinghya Masih Butuh Kita)

Merupakan program kemanusiaan yakni solidaritas muslim Indonesia dalam rangka membantu dampak krisis kemanusiaan yang dialami Muslim Rohingnya yang sampai kini masing berlangsung. Salah satunya adalah camp pengungsian yang berada di Cox’s Bazar, Bangladesh dimana lebih dari 1 juta muslim Rohingnya hidup di tempat yang tidak layak. Selain kebutuhan pangan, sandang dan papan, kebutuhan sarana ibadah, pendidikan dan kesehatan perlu juga mendapat perhatian dari kaum muslimin, khususnya Indonesia. Insyaallh Ramadhan 1439 H ini kami akan mengadakan program paket ifthar (buka puasa), dan paket bingkisan Iedul Fithri. Dan tetap melanjutkan program yang telah dijalankan sebelumnya seperti pembangunan selter masjid, sumur dan sanitasi, maupun logistik.

Paket Ifthar (buka puasa) yang terdiri dari ta’jil dan makan pokok beserta lauk pauknya Rp 50.000,-  (termasuk biaya operasional)

Adapun isi Paket Bingkisan Idul Fithri berupa Baju, Celana/Sarung, Sandal seta parcel Iedul Fithri. Dengan nilai ayau nominal paket ini Rp 500.000,- (termasuk biaya operasional)

Target program ini menyasar 1000 pengungsi muslim rohingya  sehingga dana yang dibutuhkan Rp 750,000,000,-

  1. Anjangsana Seribu Masjid

Program kunjungan silaturahim dalam rangka merajut jalinan hubungan  antara pengurus DPP, DPW dan DPD FKAM dan jajaran BaitulMal FKAM  dengan pengurus serta jama’ah masjid yang dilandasi ukhuwah islamiyah. Tujuan program ini adalah  mempererat tali silaturahmi, menjalin dan  mengembangkan kemitraan serta kerjasama yang lebih erat, ber untuk mengoptimalkan peran dan fungsi masjid.

Paket program ini sebesar Rp 500,000,- (Lima ratus ribu rupiah) sehinnga dana yang dibutuhkansebrsar Rp 500,000,000,-

Demikian deskripsi Program Gema Syiar Ramadhan kami paparkan, semoga momentum Ramadhan  ini bisa menjadikan kita sebagai insan yang memiliki kesalehan ibadah ritual dengan menunaikan Ibadah puasa yang mampu menyucikan jiwa untuk meraih takwa. Dan nilai-nila taqwa tersebut terjelma menjadi kesalehan sosial berbentuk kedermawanan dan kepedulian terhadap sesama. Aamiin yaa Rabbal Aalamin.sinergi , harmoni, dan sosialisasi program-program Forum Komunikasi Aktifis Masjid.

Dalam kegiatan ini FKAM dan BaitulMal FKAM akan menyerahkan perlengkapan poster fiqh ibadah yang dibutuhkan masjid.

Gema Syiar Ramadhan

Salurkan Donasi Terbaik anda ke rekening Bank Syariah Mandiri atas nama Baitulmal FKAM

Mahkota Cinta Yatim No. 7002063411
– Paket Sekolah Yatim
Kode Digit Transfer 100
– Paket Bingkisan Lebaran
Kode Digit Transfer 125

Praktek Dakwah Masyarakat No. 7083865878
Kode Digit Transfer 400

Persembahan Cinta Indonesia Untuk Muslim Rohingya No. 7002074286
– Paket Ifthor Rohingya
Kode Digit Transfer 925
– Paket Bingkisan Lebaran
Kode Digit Transfer 950

Anjangsana Seribu Masjid No. 7048694424
Kode Digit Transfer 450

Mohon untuk menambahkan kode digit di akhir nominal donasi transfer anda, untuk memudahkan verifikasi peruntukan donasi

Konfirmasi Bukti Transfer Ke 0857-2516-7000 atau klik KONFIRMASI


Keutamaan Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan memiliki kekhususan atau keutamaan yang tidak dimiliki bulan-bulan lain. Secara lebih khusus, Allah subhanahu wa ta’ala menekankan adanya perintah puasa sebagai sarana seorang hamba mencapai derajat taqwa.

Sebagaimana ditegaskan dalam firman-Nya,

يَاأَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa” (QS Al-Baqarah: 183).

Taqwa mengandung dua makna yakni menjauhi dan membuat pelindung atau penghalang yang mencegah dan menjaga diri dari sesuatu yang menakutkan. Pertama , bertaqwa kepada Allah  artinya menjauhi kemarahan dan murka Allah Swt. serta meninggalkan apa yang membuat kemarahan Allah Swt. Dengan demikian, takwa harus diwujudkan dengan melaksanakan seluruh perintah Allah dan menjauhi semua larangan-Nya. Kedua, taqwallah berarti perbuatan seorang hamba dalam mencari pelindung diri agar terjaga dari siksa Allah yang amat ditakutinya. Caranya adalah dengan melaksanakan seluruh perintah-Nya dan menjauhi semua larangan-Nya.

Di sinilah letak keutamaan dan keistimewaan bulan Ramadhan yakni berkumpulnya berbagai aktifitas peribadatan dan amal kebajikan. Bukan hanya puasa, namun ada shalat Tarawih, shalat Witir, tilawatil Qur`an, kajian keislaman, i’tikaf,  zakat, infaq, dan shadaqah. Dan balasan pahalanya  di bulan Ramadhan dilipatgandakan. Tujuannya untuk mendorong umat Islam meningkatkan amal salehnya.

Bulan Penuh kebajikan

Ramadhan merupakan kesempatan untuk meraih keredhaan Allah sebanyak-banyaknya. Jadikan Ramadhan sebagai bulan penuh kebajikan. Sebagaiman siriwayatkan dari  shahabat Ubadah bin Ash Shamit, bahwa Rasulullah bersabda:

“Telah datang kepadamu bulan Ramadhan, bulan keberkahan, AIlah mengunjungimu pada bulan ini dengan menurunkan rahmat, menghapus dosa-dosa dan mengabulkan do’a. Allah melihat berlomba-lombanya kamu pada bulan ini dan membanggakanmu kepada para malaikat-Nya, maka tunjukkanlah kepada Allah hal-hal yang baik dari dirimu. Karena orang yang sengsara ialah yang tidak mendapatkan rahmat Allah di bulan ini. ” (HR.Ath-Thabrani)

Bulan Kedermawanan.

Dari sekian pintu-pintu kebajikan yang Allah bukakan untuk umat-Nya agar meraih keuntungan besar dari bulan Ramadhan adalah melalui sedekah. Islam sangat menganjurkan umatnya untuk banyak bersedekah. Dan bulan Ramadhan, amalan ini menjadi lebih dianjurkan lagi. Dan demikianlah sepatutnya akhlak seorang mukmin, yaitu dermawan.

Sesungguhnya kedermawanan dan pemurah adalah salah satu sifat Allah Ta’ala, sebagaimana hadits:.

‏إن الله تعالى جواد يحب الجود ويحب معالي الأخلاق ويكره سفسافها

“Sesungguhnya Allah Ta’ala itu Maha Memberi, Ia mencintai kedermawanan serta akhlak yang mulia, Ia membenci akhlak yang buruk.” (HR. Al Baihaqi)

Sifat kedermawan bila didukung dengan  ilmu dan pemahaman agama yang baik dalam diri seseorang terkumpul dua sifat yaitu shalih atau alim dan dermawan sekaligus. Ia mempunyai kedudukan derajat yang tinggi. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Saya akan menceritakan kepada kalian suatu hadits maka hafalkanlah. Dunia itu diperuntukkan empat golongan manusia”: Pertama: “Seorang hamba yang Allah berikan rizki berupa harta dan ilmu (agama) dan (dengan ilmu dan harta) bertaqwa kepada Rabbnya, menyambung tali silaturahmi dan beramal dengan sebenar-benarnya karena Allah. Ini merupakan kedudukan yang paling mulia lagi tinggi.” Kedua: “Seorang hamba yang Allah berikan rizqi berupa ilmu dan tidak Allah berikan rizqi berupa harta, tapi niatnya jujur. Dia mengatakan, jika saya memiliki harta seperti si fulan niscaya akan berbuat sepertinya, maka dengan sebab niatnya tadi, pahala keduanya sama.” Ketiga: “Seorang hamba yang Allah berikan rizqi berupa harta tapi tidak Allah berikan rizqi berupa ilmu, dia menghabiskan hartanya tanpa dasar ilmu (agama), tidak bertaqwa kepada Allah, tidak menyambung tali silatirrahim, dan tidak beramal karena Allah. Ini adalah kedududkan yang paling jelek.” \Keempat: “Dan seorang hamba yang tidak diberi rizqi berupa harta dan tidak pula ilmu, dan dia mengatakan (bahwa) jika saya memiliki harta niscaya akan berbuat seperti si fulan (golongan ketiga), maka dengan niatnya dosa keduanya sama.” (HR. Tirmidzi: 2325, Ahmad:4/231, dan tercantum dalam Shahihul Jami’:3024 serta Misykaat al-Mashaabiih:5287, karya Imam al-Albani.)

Imam Syafi’i rahimahullah berkata, “Aku sangat senang ketika melihat ada yang bertambah semangat mengulurkan tangan membantu orang lain di bulan Ramadhan karena meneladani Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, juga karena manusia saat puasa sangat-sangat membutuhkan bantuan di mana mereka telah tersibukkan dengan puasa dan shalat sehingga sulit untuk mencari nafkah untuk memenuhi kebutuhan mereka. Contoh ulama yang seperti itu adalah Al-Qadhi Abu Ya’la dan ulama Hambali lainnya.”


Gema Syiar Ramadhan

Salurkan Donasi Terbaik anda ke rekening Bank Syariah Mandiri atas nama Baitulmal FKAM

Mahkota Cinta Yatim No. 7002063411
– Paket Sekolah Yatim
Kode Digit Transfer 100
– Paket Bingkisan Lebaran
Kode Digit Transfer 125

Praktek Dakwah Masyarakat No. 7083865878
Kode Digit Transfer 400

Persembahan Cinta Indonesia Untuk Muslim Rohingya No. 7002074286
– Paket Ifthor Rohingya
Kode Digit Transfer 925
– Paket Bingkisan Lebaran
Kode Digit Transfer 950

Anjangsana Seribu Masjid No. 7048694424
Kode Digit Transfer 450

Mohon untuk menambahkan kode digit di akhir nominal donasi transfer anda, untuk memudahkan verifikasi peruntukan donasi

Bismillahirrohmanirrohiim...

 

Verification

 

Posted in Uncategorized.