Kajian Pengurus di Bulan Ramadhan

Surakarta – Bertempat di Joglo FKAM, Dewan Pimpinan Pusat Forum Komunikasi Aktivis Masjid (DPP FKAM) melalui Departemen HR dan Keorganisasian menyelenggarakan Kajian Pengurus pada hari Sabtu, 1 Mei 2021 bertepatan 19 Ramadhan 1442. Joglo FKAM dipilih sebagai tempat acara bertujuan untuk menjaga ingatan sejarah perjuangan FKAM.

Mengambil tema “Nasihat Untuk Pejuang Dakwah dan Kemanusiaan”, acara dihadiri oleh karyawan dan pengurus DPP dan DPD FKAM Surakarta. Selain sebagai sarana bersilaturahmi, acara ini bertujuan untuk menjaga semangat aktivis FKAM dalam mengemban amanah dakwah dan kemanusiaan.

Acara diawali dengan tilawah Al-Qur’an oleh masing-masing peserta. Selanjutnya, Ustadz Umaier Khaz, Lc., M.H. selaku Ketua Umum DPP FKAM memberikan pengantar dengan memotivasi para hadirin untuk menata kembali niat dan memperbaiki karakter diri dalam bekerja dan beraktivitas di FKAM.

Sebagai inti acara, disampaikan untaian-untaian nasihat dari Dewan Syuro FKAM yang dipandu oleh Ustadz Dr. Abdullah Khoir, M.Ag. selaku sekretaris.

Nasihat dari Dewan Syuro diawali oleh Ustadz Rahmat Wahyudi, yang juga sebagai Ketua Umum DPP FKAM periode 2010 – 2020. Beliau berpesan kepada seluruh aktivis FKAM untuk menggiatkan tilawah Al-Qur’an di Bulan Ramadhan. Seminimal mungkin bisa mengkhatamkan Al-Qur’an sebanyak 2 atau 3 kali. Beliau juga berpesan untuk senantiasa berdoa kepada Allah. Tilawah dan doa ini akan mampu menguatkan mental seorang aktivis dan akan mendatangkan keberkahan hidup serta pertolongan dari Allah.

Selanjutnya, Ustadz Muhammad Anshory menyampaikan nasihat untuk membagun keluarga yang berkarakter aktivis. Hal ini penting supaya anggota keluarga siap mengemban amanah-amanah dakwah. Maka ke depan perlu dihadirkan acara kajian yang serupa dengan melibatkan anggota keluarga.

Nasihat terakhir disampaikan oleh Ustadz Muhammad Sri Kalono, S.H., M.Si. sebagai pendiri sekaligus Ketua Dewan Syuro FKAM. Beliau berpesan untuk terus menjaga semangat FKAM. Semangat dakwah dan kemanusiaan. Jangan sombong dan berbangga diri dengan pencapaian saat ini. Terus berproses menjadi baik dan menebar kemanfaatan di sekitar kita.

Turut hadir dalam acara ini, Ustadz Dr. Muhammad Isa Anshory, M.P.I. sebagai anggota Dewan Pengawas Syariah LAZ Baitul Mal FKAM. Acara ditutup dengan buka bersama. Tak lupa kepada hadirin dipesan untuk senantiasa muhasabah diri dan memperbanyak istighfar di bulan Ramadhan yang mulia ini.