Pendampingan Audit Syariah Kemenag

Kemenag RI lakukan visitasi ke Baitul Mal FKAM

Surakarta – Dalam rangka mendukung pelaksanaan kegiatan dan pendampingan audit syariah Organisasi Pengelola Zakat Tahun 2021, LAZ Baitul Mal Forum Komunikasi Aktivis Masjid (Baitul Mal FKAM) menerima visitasi dari Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) pada hari Kamis, 22 April 2021. Bertempat di Grha Wakaf FKAM Surakarta, hadir perwakilan dari Kemenag, yaitu: Bapak Mukti selaku JFT Analisis Kebijakan, Bapak Muh. Wildan selaku Pelaksana Monitoring dan Evaluasi, dan Ibu Suhartinah serta Ibu Rifa’atul Hamidah sebagai tim audit syari’ah.

Rombongan dari Kemenang disambut dengan baik oleh jajaran pembina dan direksi LAZ Baitul Mal FKAM. Di awal pertemuan, Bapak Muhammad Sri Kalono, S.H., M.Si. sebagai pendiri FKAM bercerita tentang sejarah awal mula berdirinya FKAM dan Baitul Mal FKAM. Beliau juga menyampaikan harapan agar Kemenag bisa membimbing dan mengarahkan LAZ Baitul Mal FKAM menjadi Lembaga Amil Zakat yang teraudit sesuai syari’ah agar terus maju dan berkembang.

Kemudian, Bapak Sunar Wulan selaku Direktur LAZ Baitul Mal FKAM juga memohon agar Kemenag selalu membimbing dan mengarahkan LAZ Baitul Mal FKAM menjadi LAZ yang nantinya sesuai dengan prinsip-prinsip good governance, transparan, akuntabel, dan terpercaya. Selain itu beliau juga berharap agar LAZ Baitul Mal FKAM dibimbing untuk dapat memenuhi prinsip-prinsip syariat Islam (shariah compliance). Pendampingan audit syariah diharapkan dapat mencegah terjadinya penyimpangan dan pelanggaran yang dilakukan oleh amil atau lembaga dalam mengelola dana Zakat, Infak, Sedekah, dan Dana Sosial Keagaman Lainnya (DSKL).

Sesuai dengan arahan dari Kemenag, kegiatan visitasi di  LAZ Baitul Mal FKAM mengikuti protokol kesehatan, yaitu pelaksanaannya tidak lebih dari satu jam. Dalam kesempatan yang singkat ini, Kepala Divisi Program, Bapak Fahmi Arif kepada perwakilan Kemenang menunjukkan hasil program Yatim Smart yang dibina oleh LAZ Baitul Mal FKAM. Adik-adik yatim yang terbina dalam program Yatim Smart berhasil memproduksi kue cookies dan telah beberapa kali mendapatkan pesanan dari masyarakat selama bulan Ramadan tahun ini.

Di akhir pertemuan, perwakilan Kemenag menyampaian harapan kepada LAZ Baitul Mal FKAM untuk dapat beradaptasi dengan perkembangan zaman melalui pengembangan teknologi dengan tujuan dapat memberikan banyak edukasi serta kemudahan berzakat bagi masyarakat. (Hm)