Sungai Kaligawe Meluap SAR FKAM Pantau Kondisi Banjir di Karangdowo

Sungai Kaligawe Meluap

Klaten – Tim SAR FKAM Klaten melakukan pemantauan dampak luapan air Sungai Kaligawe, Kamis (4/2/2021) malam. Sungai Kaligawe di wilayah Karangdowo, Klaten, Jawa Tengah, meluap, pada Rabu (3/2/2021) malam. Sebanyak lima desa sempat terdampak luapan air tersebut meski saat ini debit air mulai menyusut.

Berdasarkan informasi Tim di lapangan, luapan air Sungai Kaligawe di wilayah Karangdowo terjadi lantaran diguyur hujan deras selama berjam-jam di waktu sebelumnya. Air sungai pun meluap ke lima desa yang lokasinya dekat dengan Sungai Kaligawe.

Di antara desa yang terdampak luapan air sungai itu, seperti di Desa Kupang, Dukuh Glagah (Desa Karangwungu), Dukuh Sidorejo (Desa Karangwungu), Dukuh Tegalrejo (Desa Ngolodono), Dukuh Kauman (Desa Ngolodono), Dukuh Plumbon (Desa Sentono), dan Dukuh Simping (Desa Bakungan). Rata-rata ketinggian air mencapai 20 cm-30 cm.

Pascaterjadi luapan air tersebut, warga bersama sukarelawan dan aparat keamanan dalam kondisi siaga menghadapi ancaman genangan air yang lebih tinggi. Mengingat intensitas curah hujan masih tinggi.

Tim SAR FKAM Klaten sebanyak 3 personil melakukan pemantauan terhadap kondisi banjir. “Air meluap membanjiri area pemukiman dan persawahan di Dukuh Kasihan, Desa T Tambak dan Dukuh Kwaron, Kelurahan Karang Dowo,” ujar Wisnu.

Selain itu Tim Juna nampak memantau kondisi tanggul yang berlokasi di Timur jembatan Kwaron, terpantau sisi Selatan jebol.