Visitasi Kemenag Provinsi Jawa Tengah di Lembaga Amil Zakat

Visitasi Kemenag di BaitulMal FKAM

SURAKARTA – Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah melakukan agenda visitasi ke beberapa Lembaga Amil Zakat (LAZ) pada kamis, 26 Februari 2021. Kegiatan visitasi ini dilaksanakan dalam rangka memastikan bahwa setiap LAZ yang ada telah telah melaksanakan tugas dan fungsi sebagaimana regulasi yang telah diatur. LAZ Baitul Mal FKAM menjadi salah satu yang mendapatkan kehormatan mendapat visitasi dari Kemenag.

Dalam visitasi kali ini langsung dihadiri oleh Bapak H. Sobirin, S.Pd.I selaku kepala seksi pemberdayaan zakat dan wakaf bidang penerangan Agama Islam, Zakat, dan Wakaf Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah bersama Bapak Attan selaku seksi pemberdayaan wakaf Kemenag Provinsi Jawa Tengah.

LAZ Baitul Mal FKAM sangat senang menerima kunjungan dari Kementerian Agama karena merupakan salah satu bentuk perhatian pemerintah dalam rangka memberdayakan LAZ sebagaimana mestinya. Visitasi kemenag kali ini bukan untuk audit, tetapi ingin mendata LAZ dan cabangnya dalam melakukan kegiatan pengumpulan dana dan pendistribusian Zakat, Infak, Sedekah serta pengelolaan wakaf sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia.

Berdasarkan pasal 17 UU RI No. 23 Tahun 2011 tentang pengelolaan Zakat, dijelaskan bahwa untuk membantu Baznas dalam pengumpulan, pendistribusian dan pendayagunaan zakat masyarakat dapat membentuk Lembaga Amil Zakat (LAZ). Kemudian pada pasal 18 dijelaskan bahwa pembentukan Lembaga Amil Zakat wajib mendapat izin menteri atau pejabat yang ditunjuk menteri.

Harapannya LAZ Baitul Mal FKAM sebagai Lembaga yang sedang bertumbuh dan berkembang harus mau dan bisa mengikuti regulasi serta mentaati undang-undang perZakatan yang berlaku di Indonesia, agar nantinya bisa menjadi Lembaga percontohan yang baik.