Warga dan Relawan Bergotong Royong Mengevakuasi Material yang Menutup Akses Jalan Desa

Longsor di Desa Kudus

Bencana tanah longsor menerjang Desa Rahtawu, Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, Rabu (24/2/2021). Sedikitnya ada dua titik longsor besar yang menimpa kawasan tersebut. Akibatnya, jalan desa tertutup longsoran tanah sehingga tidak bisa dilalui kendaraan bermotor.

Tanah longsor terjadi di Dukuh Jambu Ukir RT 02/RW 01 (Desa Rahtawu), dan Dukuh Kembangan RT 01/RW 06 (Desa Menawan). Di Desa Rahtawu akses jalan utama Rahtawu-Kudus sepanjang 25 meter, tertimbun material tanah batu kayu dan bambu.

Sedangkan di Desa Menawan, selain menutup akses jalan penghubung desa, longsor juga menyebabkan sebuah rumah milik Giarto mengalami kerusakan dengan kerugian materi sebesar Rp15 juta.

Warga bersama relawan mulai dari BPBD, PMI, SAR FKAM, MDMC, BAGANA, LPBI NU bergotong-royong untuk membersihkan jalan dari material longsor. Dengan menggunakan peralatan seperti cangkul, sekop material tanah, batu, ranting dan bambu dapat dievakuasi dengan baik.

Selanjutnya jalan di semprot agar bersih dan dapat dilalui kembali. Setelah berjibaku dari pagi hingga siang hari Tim gabungan bersama warga akhirnya dapat membuka kembali akses jalan warga yang sempat terputus.

“Relawan dan warga dari pagi hingga siang bahu membahu membersihkan material longsoran. Alhamdulillah sekitar pukul 13.00 jalan sudah bersih dan dapat dilalui kembali,” ujar Gunawan, Komandan SAR FKAM Kudus.

Namun demikian para pengguna jalan tetap dihimbau untuk meningkatkan kewaspadaan jika melintasi kawasan tersebut dalam kondisi hujan. Tanah yang labil serta tidak adanya penahan menyebabkan longsor dapat kembali terjadi jika intensitas hujan kembali meningkat.

Menurut data BPBD Kabupaten Kudus nerdasarkan peta daerah rawan bencana, ada 13 desa yang rawan menghadapi tanah longsor di Kudus. Desa yang rawan longsor meliputi Rahtawu, Menawan, Jurang, dan Kedungsari di Kecamatan Gebog.

Kemudian Desa Terban di Kecamatan Jekulo, serta Desa Soco, Ternadi, Japan, Kuwukan, Puyoh, Colo, Dukuh Waringin, dan Cranggang di Kecamatan Dawe.